facebook

Indonesia Punya Produk Kain Tenun Halal, Sudah Bersertifikat MUI

Risna Halidi | Lilis Varwati
Indonesia Punya Produk Kain Tenun Halal, Sudah Bersertifikat MUI
Kain Halal Bersertifikat MUI (Suara.com/Lilis Varwati)

Menurut PresidenIFW Poppy Dharsono, tekstur kain tenun halal bahkan sangat lembut mirip seperti sutra.

Suara.com - Tenun merupakan salah satu produk wastra Nusantara yang telah dikenal dunia. Dalam rencana menjadikan Indonesia sebagai kiblat industri halal global, kini ada produk tenun halal asli buatan penenun lokal.

Ditektur Utama PT Milangkori Persada Fitriani Kuroda mengatakan, tenun tersebut dijamin halal mulai dari proses pembuatan benang hingga menjadi kain dan dijadikan baju.

"Kami tentu dari hulu ke hilir. Dari bahan baku utama sudah sertifikasi halal. Harus ada deklarasi sertifikat tidak ada unsur binatang, tidak najis, itu harus digaransi," kata Fitriani.

"Dari mulai bahan baku benang, tempat produksi tenun juga harus mengikuti kriteia 11 jaminan halal," lanjutnya saat konferensi pers di Indonesia Fashion Week 2022 di Jakarta Convention Center, Senayan, Rabu (13/4/2022).

Baca Juga: Simak! Ini Penjelasan MUI soal Batas Waktu Sahur yang Benar, Jangan Salah Lagi

Indonesia Fashion Week 2022 (Suara.com/ Lilis Varwati)
Indonesia Fashion Week 2022 (Suara.com/ Lilis Varwati)

Berbagai material lain seperti mesin, minyak, pelumas, hingga sampai ke tangan desainer pun dilakukan audit secara ketat agar produk terjamin kehalalannya. Fitriani menyampaikan, sertifikasi halal tersebut telah didapatk dari Majelis Ulama Indonesia. 

"Kita ingin presentasikan kenyamanan dalam memakai. Jadi kami membawahi banyak penenun di Indonesia," ujarnya.

Bagi desainer sendiri, hal itu menjadi tantangan baru. Sebab mereka tidak bisa sembarangan menambah aksesoris saat menjahit pakaian dari bahan kain tenun halal.

"Terbebani tidak, tapi jadi challange untuk memadupadankan. Karena biasanya ada pernak pernik, sekarang enggak bisa sembarangan. Jangan sampai kain sudah halal yang lainnya tidak," kata salah satu desainer Kain Tenun Halal Fitri.

Meski memiliki material berbeda dari kain biasanya yang mengandung unsur hewani, penjahitan kain tenun halal dirasa tidak menyulitkan. 

Baca Juga: Anwar Abbas Minta Polri Hormati Hak Mahasiswa dan Masyarakat: Jangan Halangi Mahasiwa Datang ke Jakarta!

Menurut Presiden IFW Poppy Dharsono, tekstur kain tenun halal bahkan sangat lembut mirip seperti sutra.

"Saya sudah pakai dan pertama kali saya pikir itu sutra karena halus. Tetapi juga sejuk seperti katun. Jadi untuk orang punya alergi, ini cocok dan salah satu supporting untuk tidur. Karena saya pribadi kalau sedikit saja ada sintetis bisa alergi," cerita Poppy.

Komentar