facebook

Tak Hanya Percantik Rumah, 5 Tanaman Hias Ini Diklaim Bantu Jaga Kesehatan Mental

Arendya Nariswari
Tak Hanya Percantik Rumah, 5 Tanaman Hias Ini Diklaim Bantu Jaga Kesehatan Mental
Tanaman hias. (Pexels/Huy Phan)

Salah satunya berjenis sirih gading, ini 5 tanaman hias yang bisa Anda jadikan pilihan di rumah.

Suara.com - Tanaman hias sempat menjadi tren di tahun 2020 lalu saat awal pandemi. Tidak sedikit orang-orang yang kemudian menghias rumah mereka dengan berbagai macam jenis tanaman, mulai dari sirih gading, monstera dan masih banyak lagi lainnya.

Tapi tahukah Anda, ternyata tanaman hias diklaim mampu membantu seseorang menjaga kesehatan mental mereka.

Dihimpun dari laman Hops.id---Jaringan Suara.com, menurut psikoterapis Jamie Keaton Jones, LICSW, PhD, hobi memelihara tanaman hias bisa membuat seseorang fokus melakukan kegiatan positif yang menyehatkan mental.

Beberapa manfaat yang bisa didapat di antaranya meningkatkan mood, mengurangi depresi hingga stres seseorang.

Baca Juga: Sering Stres? Lakukan 4 Tips ini agar Kesehatan Mental Terjaga

Tentu saja, hasil ini diperoleh dari salah satu penelitian di rumah sakit. Pasien yang memelihara tanaman hias di kamarnya dilaporkan memiliki kesehatan mental lebih baik dibandingkan yang tidak.

Hasil penelitian ini dikemukakan oleh salah seorang psikolog bernama Dr. Jenny Seham, PhD dalam The Healthy.

Ia mengatakan bahwa terjadi penurunan terhadap hormon stres dan peningkatan terhadap suasana hati setelah interaksi dengan tanaman hias.

Nah, buat kamu yang mau mulai bercocok tanam di rumah, berikut ini rekomendasi lima tanaman hias untuk kesehatan mental dirangkum dari laman The Healthy.

1. Sirih gading

Baca Juga: Grow Light: Saatnya Berkebun di Dalam Ruangan

Menurut Jamie Keaton Jones dalam The Healthy, melihat tanaman hijau di rumah dapat membuat kesehatan mental kamu menjadi jauh lebih baik.

Menanam sirih gading di halaman atau teras rumah bisa menjadi salah satu pilihan tanaman hias yang baik untuk kesehatan mental kamu.

Kamu bisa menanam sirih gading ini dengan cara menggantungnya di dalam pot, meletakkannya di bawah atau membuatnya merambat di dinding.

Sama halnya seperti lidah mertua, tanaman hias yang satu ini juga sangat mudah untuk dirawat. Cukup letakkan di tempat yang tidak terkena cahaya langsung dan sirami ketika tanah kering saja.

2. Lidah buaya

Kalau kamu mau tanaman hias yang lebih mudah lagi perawatannya, kamu bisa mencoba menanam lidah buaya di rumah kamu.

Tanaman hias yang satu ini tidak membutuhkan terlalu banyak air, cukup siram satu bulan atau dua sampai tiga minggu sekali saja dan letakkan di tempat yang terkena cahaya matahari langsung.

Selain itu, supaya lidah buaya bisa tumbuh subur jangan lupa juga untuk memberikan pupuk secara rutin setiap dua minggu sekali.

Lidah buaya ini bukan hanya bisa menjadi tanaman hias yang baik untuk kesehatan mental. Kamu juga bisa membuat gel untuk mengobati luka atau perawatan wajah dan rambut dari daunnya.

3. Lidah Mertua

Kalau kamu baru mau memulai hobi ini, cobalah dengan tanaman hias yang perawatannya mudah lebih dulu.

Salah satunya kamu bisa mencoba menanam lidah mertua di rumah. Tanaman hias yang satu ini hanya terdiri dari daun berbentuk runcing ke atas dengan garis tepi berwarna kuning.

Lidah mertua adalah salah satu tanaman hias yang cukup populer. Kalau kamu pergi ke beberapa rumah atau tempat umum, mungkin kamu akan banyak menemukan tanaman yang satu ini.

Cara merawatnya pun cukup mudah, hanya dengan rutin menyiramnya. Kamu bisa meletakkan lidah mertua di dalam maupun luar ruangan.

Nah, buat kamu yang masih belum terbiasa merawat tanaman dan suka lupa menyiram, kamu tidak perlu khawatir karena lidah mertua tahan terhadap kekeringan.

4. Kemangi

Siapa nih yang suka banget sama kemangi? Buat kamu yang suka banget sama kemangi, kamu bisa menanamnya sebagai tanaman hias di rumah.

Bukan hanya aromatik, tanaman hias yang satu ini juga bisa kamu jadikan sebagai bahan masakan maupun lalapan.

Selain itu, ternyata daun kemangi memiliki zat adaptogen yang dapat membantu kamu mengurangi stres dan menenangkan mental, lho.

Nah, cara merawatnya sedikit berbeda dengan tanaman hias sebelumnya. Untuk tanaman hias yang satu ini, kamu harus menanamnya di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung.

Selain itu, siram daun kemangi secara rutin sebanyak dua kali sehari dan berikan pupuk setiap minggu atau sesuai dengan kebutuhan tanaman.

5. Lavender

Menyimpan sesuatu yang aromatik di dalam atau halaman rumah memang bisa menjadi salah satu penenang dan penyegar di pagi hari saat menghirup udara segar.

Tanaman lavender bisa jadi pilihan tanaman hias buat kamu yang suka dengan aromatik. Aromanya yang wangi ini bisa membantu kamu menjadi lebih tenang dan mengurangi stres.

Kamu bisa menanamnya di dalam pot atau langsung di tanah. Nah, untuk perawatannya sendiri, letakkan di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung dan panas.

Hal ini karena lavender adalah salah satu tanaman hias yang menyukai suhu panas. Untuk itu, jangan terlalu sering menyiramnya, ya. Cukup siram saat tanah sudah terasa kering saja.

Komentar