facebook

Indah Banget! Ini 3 Hidden Gem di IKN, Kalimantan untuk Pecinta Traveling

Arendya Nariswari
Indah Banget! Ini 3 Hidden Gem di IKN, Kalimantan untuk Pecinta Traveling
Gunung Parung salah satu hidden gem di Kalimantan, IKN. (Instagram/@madhaann)

Masih jarang diketahui, ini 3 wisata hidden gem di IKN yang wajib kalian sambangi.

Suara.com - Sudah bukan rahasia lagi rasanya jika kawasan Kalimantan dikelilingi oleh kawasan hutan nan rindang. Wilayah IKN juga masih dikelilingi berbagai destinai wisata alam yang jarang diketahui oleh banyak orang.

Bagi Anda yang berencana ke wilayah IKN, antara Samboja, Samarinda dan Balikpapan, coba untuk mampir sejenak ke sejumlah hidden gem di sana.

Tapi, dihimpun dari laman Hops.id---Jaringan Suara.com, sebelum menempuh perjalanan kalian harus mempersiapkan berbagai hal karena medan menuju hidden gem ini cukup menantang.

Perlengkapan outdoor dan juga kondisi tubuh yang fit perlu dipersiapkan sebelum memutuskan untuk pergi ke wilayah hidden gem di IKN ini.

Baca Juga: Benarkah Dana Haji Dipakai untuk Membangun IKN Ibu Kota Negara Nusantara?

Meskipun begitu, kamu tidak akan menyesal karena nantinya akan disuguhi pemandangan yang dapat memanjakan mata. Berikut tiga tempat indah yang tersembunyi di IKN, Kalimantan.

1. Air Terjun Tembinus

Saat menuruni gunung di siang hari kurang lengkap jika tidak mendinginkan badan ke tempat ketiga, yaitu air terjun tembinus, tempatnya tidak jauh dari gunung parung.

Air terjun ini memiliki tebing batu yang tinggi dan batu besar di depan jatuhnya air, menjadikan spot foto yang sangat bagus ditempat itu, dan juga air yang sangat dingin.

2. Gunung Parung

Baca Juga: Viral Pria Beli Buah Semangka di Kalimantan, Publik Ikutan Kaget Pas Dengar Harganya

Tempat berikutnya yang wajib dikunjungi adalah Gunung Parung. Saat memasuki Kawasan hutan industri tersebut, kita di lihatkan hamparan luas pohon Acacia mangium dan Eucalyptus sp.

Disarankan membawa botol untuk bahan bakar dan power bank karena jauh dari pedesaan. Ini akan menjadi pengalaman yang menyenangkan jika kalian sangat suka dengan tantangan.

Area Kawasan industi juga sangat melarang untuk membuat api, karena di kawatirkan akan mengakibatkan kebakaran hutan dan mengenai tanaman industri perusahaan .

Suasana sangat alami dan minim akses jadi daya tarik saat menuju gunung parung. Tetapi harus waspada dari hewan buas seperti ular, dan kadang macan dahan di atas pohon.

Saat pagi hari, anda akan disuguhkan pemandangan sangat indah karena banyak embun yang menyatu dengan cahaya matahari. Ditambah lagi bermacam burung endemik Kalimantan yang lewat dan suara hewan.

3. Bukit Batu Dinding

Tempat pertama yang di kunjungi maupun itu dari arah Samarinda atau Balikpapan yaitu Bukit Batu Dinding. Berjarak 60 kilometer dari Balikpapan, sekitar satu jam perjalanan.

Suasana pedesaan mulai teras jika kita sudah memasuki jalan kecil di poros km 45 Balikpapan ke Samarinda, disarankan jangan pake motor matic ya, medannya agak terjal.

Sedikit pesan, jika Memasuki Kawasan hutan industri dianjurkan untuk meminta izin dengan penjaga portal, lebih baik jika pergi ke sana di hari libur .

Diharap berhati-hati karena debu yang sangat tebal dari truck-truk besar pengangkut kayu yang melintas sangat banyak dan jalan yang sangat licin saat hujan.

Komentar