facebook

7 Pulau Terbesar di Indonesia, Ada yang Luasnya Nomor 2 di Dunia

Rima Sekarani Imamun Nissa
7 Pulau Terbesar di Indonesia, Ada yang Luasnya Nomor 2 di Dunia
Ilustrasi peta Indonesia (Shutterstock).

Menengok beberapa pulau terbesar di Indonesia yang juga tercatat dalam deretan 50 pulau terluas di dunia.

Suara.com - Apa saja pulau terbesar di Indonesia yang dikenal sebagai negara kepulauan ini? Jika Anda penasaran, beberapa pulau terbesar di Indonesia adalah sebagai berikut.

Negara Kepulauan merupakan salah satu julukan Indonesia. Hal ini tentu tidak mengherankan karena terdapat lebih dari 140.000 pulau yang tercatat di sini. Meski begitu, Indonesia masih disusun oleh lebih banyak perairan dibandingkan daratan yang hanya memiliki luas kurang lebih 2,01 km2 dari luas total wilayah 7,81 juta km2.

Di antara ratusan ribu pulau, terdapat 7 pulau terbesar di Indonesia dengan luas mencapai ratusan ribu kilometer persegi. Apakah pulau yang Anda huni sekarang termasuk salah satunya? Yuk, simak artikel berikut!

Peta wilayah Republik Indonesia (shutterstock)

Deretan Pulau Terluas di Indonesia

Baca Juga: Bukan Kepulauan Riau, Ini Pulau di Indonesia yang Masih Jadi Rebutan Malaysia

Pulau Halmahera (17.780 km2)

Terletak di Provinsi Maluku Utara, Pulau Halmahera menempatkan diri sebagai pulau terbesar ke-7 di Indonesia dan ke-50 di dunia. Dengan luas sebesar 17.780 km2, pulau ini mayoritas dihuni oleh suku Gilolo yang sekaligus merupakan kerajaan tertua di Pulau Halmahera.

Ciri khas dari pulau satu ini tentu saja keindahan alamnya serta hutan-hutan yang masih asri dan pantai berpasir putih.

Pulau Timor (30.777 km2)

Sesuai namanya, pulau yang berbagi luas daratan dengan Republik Demokratik Timor-Leste ini merupakan wilayah paling timur di kepulauan Sunda Kecil. Terdapat sebuah mitos yang dipercaya warga setempat bahwa Pulau Timor dulunya adalah buaya raksasa. Hal ini diperkuat dengan banyaknya gunung batu yang bentuknya menyerupai punggung buaya.

Baca Juga: 5 Daerah di Indonesia yang Pernah Diklaim Malaysia

Pulau Jawa (128.297 km2)

Tidak hanya menempati posisi kelima dalam deretan pulau terbesar di Indonesia, Jawa juga menjadi pulau terpadat dengan dihuni lebih dari 140 juta jiwa. Dengan padatnya penduduk, Pulau Jawa juga menjadi tempat pertemuan berbagai budaya, agama, dan bahasa.

Saat ini, Pulau Jawa juga menjadi tempat di mana Ibu Kota DKI Jakarta berada dengan lima provinsi lainnya, yaitu Jawa Timur, D I Yogyakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Banten.

Pulau Sulawesi (174.600 km2)

Dikenal dengan nama Celebes, pulau yang bentuknya menyerupai huruf K ini memiliki luas wilayah kurang lebih 174.600 meter persegi.

Dengan menempati posisi pulau terbesar keempat di Indonesia, Pulau Sulawesi terdiri atas enam provinsi yaitu Gorontalo, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Tengah. Taman Nasional Bunaken merupakan salah satu keindahan yang bisa Anda temukan di pulau ini.

Peta Indonesia dan benua Australia dilihat dari luar angkasa. [shutterstock]
Peta Indonesia dan benua Australia dilihat dari luar angkasa. [shutterstock]

Pulau Sumatera (473.481 km2)

Berada di sisi Barat Indonesia, Pulau Sumatera menjadi pulau terluas ketiga. Lokasinya yang berada di kawasan Ring of Fire membuat Sumatera memiliki daerah yang subur.

Pulau Sumatera juga punya jumlah provinsi paling banyak dibanding pulau lainnya, yakni 10 provinsi. Berbagai satwa liar yang hampir punah pun dapat ditemukan di Sumatera, seperti harimau dan orangutan.

Pulau Kalimantan (742.330 km2)

Pulau terluas di Indonesia peringkat kedua adalah Kalimantan. Tidak sendirian, Indonesia berbagi klaim daratan di Kalimantan bersama Malaysia dan Brunei Darussalam.

Fakta unik dari Pulau Kalimantan adalah keberadaan hutan hujan tertua dengan usia lebih dari 100 tahun. Berbagai satwa langka seperti kera besar juga hanya dapat ditemukan di pulau seluas 742.330 km2 ini.

Pulau Papua (785.753 km2)

Mendapat gelar sebagai pulau terbesar di Indonesia, Pulau Papua juga sekaligus menjadi pulau terbesar kedua di dunia setelah Greenland.

Pulau yang juga dikenal dengan sebutan New Guinea ini menyimpan kekayaan alam melimpah, salah satunya tambang emas terbesar di dunia, Grasberg, yang terletak di Tembagapura.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Komentar