facebook

Kapan Waktu Terbaik Membersihkan Kitchen Sink atau Bak Cuci Piring?

Risna Halidi
Kapan Waktu Terbaik Membersihkan Kitchen Sink atau Bak Cuci Piring?
Ilustrasi mencuci di bak cuci piring (Shutterstock)

Namun hal yang perlu diingat semua orang, dapur merupakan area penuh bakteri dan harus selalu dijaga kebersihannya.

Suara.com - Kitchen sink atau bak cuci piring merupakan salah satu elemen penting yang ada di dalam dapur. Menurut riset yang dilakukan oleh produk bak cuci piring premium - Blanco, sebanyak 60 persen waktu dihabiskan di area tersebut.

Ada beragam aktivitas yang dilakukan di kitchen sink mulai dari mencuci peralatan masak hingga memotong bahan-bahan makanan.

Namun hal yang perlu diingat semua orang, dapur merupakan area penuh bakteri dan harus selalu dijaga kebersihannya.

Pun dengan area kitchen sink atau area cuci piring sebagai salah satu tempat utama bakteri tumbuh dan tinggal.

Baca Juga: Viral Dapur Kumuh Disulap Jadi Estetik, Serba Pink dan Tanpa Banyak Biaya

Ilustrasi bak cuci piring atau kitchen sink (Dok. Blanco)
Ilustrasi bak cuci piring atau kitchen sink (Dok. Blanco)

Pertanyaannya kini, seberapa sering kitchen sink harus dibersihkan?

Pakar kebersihan, Lisa Yakas berbicara kepada Bon Appétit, kita sebaiknya membersihkan kitchen sink sekali dalam seminggu.

Namun jika baru mengolah daging mentah atau sumber makanan protein hewani lainnya, diimbau untuk segera bersihkan area cuci piring guna menghentikan penyebaran kuman berbahaya.

Karena intensitas penggunaan dan pembersihan yang tinggi, maka dibutuhkan material tahan lama serta tahan terhadap noda, lecet, dan goresan.

Dua dari berbagai jenis material kitchen sink populer adalah stainless steel (besi tahan karat) dan keramik. Namun seiring perkembangannya inovasi material dan desain, kitchen sink dengan material komposit kini mulai popular.

Baca Juga: Wajib Sering Dicuci, Studi Sebut Ada Jutaan Bakteri Berbahaya di Tas Kosmetik

"Material komposit memiliki rangkaian pilihan warna dan desain yang lebih beragam dan kekinian, ketahanan yang luar biasa, serta perawatan yang mudah dan praktis," kata Creative Director CV Tranindo Sejahtera, Orlena.

Misalnya Blanco Silgranit, salah satu produk kitchen sink yang terbuat dari 80 persen material komposit granit. Orlena menyebut produk tersebut tahan terhadap makanan yang mengandung zat asam atau warna alami kuat seperti jeruk lemon ataupun wine.

"Silgranit tidak hanya tahan terhadap makanan yang mengandung zat asam atau warna alami kuat seperti jeruk lemon ataupun wine, tetapi juga dilengkapi dengan formula antibakteri HygienePlus," imbuhnya dikutip dari siaran pers, Senin (27/6/2022).

Untuk menciptakan pengalaman menyeluruh, produk tersebut juga memiliki pengolahan sampah yang dapat dipasang dibagian bawah dari bak cuci dapur.

Komentar