facebook

Tenaga Kerja Langka, Hotel di Eropa Siap Terima Staf Tanpa Syarat Pengalaman Kerja

M. Reza Sulaiman
Tenaga Kerja Langka, Hotel di Eropa Siap Terima Staf Tanpa Syarat Pengalaman Kerja
Hotel saat pandemi Covid-19. (Shutterstock)

Ingin mencoba berkarier di dunia pariwisata sebagai staf hotel? Silakan mampir ke Eropa!

Suara.com - Ingin mencoba berkarier di dunia pariwisata sebagai staf hotel? Silakan mampir ke Eropa, di mana sejumlah jaringan hotel membutuhkan banyak tenaga kerja jelang liburan musim panas.

Dilansir ANTARA, permintaan pascapandemi yang meningkat membuat jaringan-jaringan hotel terkemuka di Eropa membutuhkan staf tanpa pengalaman kerja.

Ribuan pekerja hotel dengan bayaran rendah meninggalkan industri itu ketika perjalanan internasional anjlok selama pandemi COVID-19.

Banyak dari mereka memilih untuk tidak kembali karena sudah mendapatkan pekerjaan yang lebih baik, sehingga pengusaha hotel kini kesulitan mencari pekerja.

Baca Juga: Bundaran Hotel Indonesia Berpotensi Macet, DKI Jakarta Siapkan Langkah Penanggulangan

Hotel saat pandemi Covid-19. (Shutterstock)
Hotel saat pandemi Covid-19. (Shutterstock)

Jaringan hotel terbesar di Eropa, Accor, sedang menggelar uji coba rekrutmen staf yang belum pernah bekerja di perhotelan, menurut CEO Accor Sebastien Bazin dalam wawancara dengan Reuters bulan lalu.

Accor, yang membawahi hotel-hotel terkenal seperti Mercure, ibis dan Fairmont di lebih dari 110 negara, memerlukan 35.000 pekerja di seluruh dunia, katanya.

"Kami coba di Lyon dan Bordeaux sepuluh hari lalu dan pekan ini kami mewawancarai calon tanpa resume, pengalaman kerja dan mereka akan direkrut dalam 24 jam," kata Bazin.

Dalam jangka pendek, Accor berusaha mengisi sejumlah posisi di Prancis dengan anak-anak muda dan migran sambil membatasi pelayanan.

"Mereka adalah para mahasiswa, orang-orang dari Afrika Utara," kata Bazin.

Baca Juga: Usai Berhubungan Badan, Pria Asal Medan Kejang-kejang dan Meninggal di Kamar Hotel

Dia menambahkan bahwa pihaknya juga menutup restoran selama jam makan siang atau buka hanya lima hari sepekan.

Komentar