facebook

Dokter Ungkap Manfaat Lain MSG Selain Jadi Penyedap Makanan

Risna Halidi | Lilis Varwati
Dokter Ungkap Manfaat Lain MSG Selain Jadi Penyedap Makanan
Ilustrasi MSG. (shutterstock)

Monosodium glutamat atau MSG umum digunakan sebagai penyedap rasa masakan. Ternyata ada manfaat lainnya lho!

Suara.com - Monosodium glutamat atau MSG umum digunakan sebagai penyedap rasa masakan. Selain bisa menambah rasa gurih pada makanan, ternyata MSG juga memiliki manfaat bagi kesehatan.

Hal itu dikatakan oleh Medical Doctor and Health Content Creator dr. Kevin Mak, yang menyebut bahwa MSG dapat menurunkan kadar natrium dalam tubuh.

"Manfaat penggunaan MSG bagi tubuh, pertama, menurunkan kadar natrium. Garam itu tetap kita perlukan, tapi jangan sampai terlalu banyak," kata dr. Kevin Mak dalam acara webinar, Selasa (5/7/2022).

Manfaat lainnya, kata dr. Kevin, MSG dapat merangsang nafsu makan.

Baca Juga: Produk Nabati Kian Digemari Konsumen Indonesia

Ia menjelaskan bahwa penggunaan MSG sehari-hari dapat membantu kerja dari enzim pencernaan yang ada di rongga mulut, juga membantu menjaga kesehatan saliva dan air liur. Hal tersebut yang kemudian memperbaiki selera makan.

"MSG juga membantu penyerapan nutrisi. Karena MSG, glutamat itu asam amino yang penting untuk membantu kerja usus dan penyerapan nutrisi," imbuhnya.

Meski begitu, ia mengingatkan bahwa berbagai manfaat itu bisa dirasakan selama penggunaan MSG harian tidak berlebihan.

Sementara itu, penggunaan MSG bisa bantu menurunkan konsumsi garam harian telah dibuktikan melalui berbagai penelitian sejak tahun 1997, lanjut dr. Kevin.

Hasil penelitian menunjukan kalau penggunaan MSG pada masakan bisa mengurangi kadar garam hingga 30 persen per hari.

Baca Juga: 6 Jenis Makanan dengan Kadar Omega 6 Tinggi untuk Pertumbuhan Otak Anak

Pembatasan jumlah asupan garam tersebut penting untuk mencegah diri dari risiko penyakit, seperti hipertensi, serangan jantung, hingga stroke.

"Penggunaan MSG akan membantu kita mempertahankan rasa yang lezat tanpa menggunakan kadar sodium yang berlebihan. Sehingga menghindari beberapa penyakit seperti hipertensi, diabetes, dan sebagainya," jelasnya.

Komentar