facebook

Orangtua, Ini Hal yang Harus Disiapkan dalam Mencanakan Pendidikan Anak Sejak Dini

Risna Halidi
Orangtua, Ini Hal yang Harus Disiapkan dalam Mencanakan Pendidikan Anak Sejak Dini
Ilustrasi pendidikan (Shutterstock/Cherries)

Banyak orangtua yang terlambat mempersiapkan pendidikan anak-anak mereka di tengah inflasi pendidikan yang terus meningkat.

Suara.com - Semakin hari biaya pendidikan anak semakin tinggi. Padahal memberikan pendidikan terbaik dengan fasilitas dan pengajaran unggul merupakan mimpi banyak orangtua untuk buah hati mereka.

Sayangnya, tidak semua orangtua memiliki kemampuan finansial yang mapan. Salah satu penyebabnya, banyak orangtua yang terlambat mempersiapkan pendidikan anak-anak mereka di tengah inflasi pendidikan yang terus meningkat.

PR Manager Qoala - Ricky Alexander Samosir mengatakan bagaimana rata-rata biaya pendidikan Indonesia naik sekitar 15 persen hingga 20 persen per tahun.

"Orangtua harus merencanakan pendidikan anak sedini mungkin, sehingga masa depan pendidikan anak bisa lebih terjamin," kata Ricky dikutip dari siaran pers yang diterima Suara.com, baru-baru ini.

Baca Juga: Mendikbudristek Ungkap Rendahnya Dana Pendidikan Tinggi Indonesia

Untuk itu penting bagi orangtua mengelola keuangan dengan baik untuk masa depan anak. Berikut ini adalah cara mempersiapkan pendidikan anak di masa depan:

1. Menentukan Instansi Pendidikan
Prinsip perencanaan pendidikan sejatinya untuk memberikan akses pendidikan terbaik bagi anak, maka tidak ada salahnya untuk menentukan instansi pendidikan yang akan mereka tempuh sejak awal.

Namun orangtua juga perlu memberikan kebebasan bagi anak untuk memilih lembaga atau tempat sekolah mereka nanti. Pasalnya, pendidikan yang berhasil berasal dari minat dan bakat anak.

2. Menyusun Anggaran
Biaya pendidikan menjadi unsur penting dalam perencanaan keuangan. Setidaknya saat menentukan anggaran pendidikan, orang tua bisa membuat estimasi awal besaran biaya akan dikeluarkan.

Dari estimasi tersebut, akan lebih mudah untuk memperkirakan pengeluaran pendidikan hingga menentukan sumber pendanaannya. Jangan lupa untuk memperkirakan kemungkinan inflasi atau perubahan biaya pendidikan di masa yang akan datang.

Baca Juga: Kalah dari Malaysia, Mendikbudristek Nadiem Makarim Ungkap Dana Pendidikan Tinggi Indonesia Masih Rendah

3. Menyiapkan Dana Pendidikan
Setelah menentukan anggaran, orangtua harus menyiapkan dana pendidikan. Salah satu yang paling efektif adalah membuka tabungan pendidikan anak. Dengan cara ini, orangtua lebih mudah mengalokasikan biaya pendidikan jangka pendek maupun jangka panjang.

Selain dalam bentuk uang, orangtua juga bisa berinvestasi dalam bentuk tabungan emas, mengikuti program asuransi pendidikan, maupun mendaftar reksadana yang suatu saat bisa diambil sesuai kebutuhan.

Komentar