Viral karena Pakai Hijab Saat Tanding Pencak Silat Meski Beragama Kristen, Siapa Merrywati Manuil?

M. Reza Sulaiman | Lilis Varwati
Viral karena Pakai Hijab Saat Tanding Pencak Silat Meski Beragama Kristen, Siapa Merrywati Manuil?
Atlet pencak silat asal Malaysia Merrywati Manuil viral karena pakai hijab meski beragama Kristen. (Dok. Instagram)

Atlet pencak silat asal Malaysia Merrywati Manuil jadi perbincangan publik karena aksinya saat bertanding memakai hijab.

Suara.com - Atlet pencak silat asal Malaysia Merrywati Manuil jadi perbincangan publik karena aksinya saat bertanding memakai hijab. Pasalnya, Merrywati mengaku beragama Kristen. Sementara hijab diketahui jadi simbol bagi umat perempuan Islam.

Merrywati mengakui kalau keputusannya itu menimbulkan banyak pertanyaan sari publik. Tapi, keputusannya ternyata bukan tanpa alasan. Ia mengaku sengaja memakai jilbab saat bertanding untuk menghargai kebudayaan pencak silat.

"Silat adalah warisan orang-orang melayu. Saya sebagai orang bukan melayu sangat menghormati, menggagumi dan mencintai SILAT. Walaupun tidak diwajibkan untuk memakai tudung tetapi saya lebih memilih untuk memakai tudung ketika pertandingan," tulis Merrywati, dikutip dari aku Instagram peibadinya, Senin (8/8/2021).

Menurut Merrywati, jilbab tidak hanya menjadi aturan wajib bagi muslimah dan penutup aurat bagi perempuan. Tetapi, ia merasa juga nampak lebih sopan saat mengenakan jilbab selama pertandingan.

Baca Juga: Heboh Bocah Salat di Tengah Kerumunan Suporter di Atas Tribun Stadion, Netizen Ngaku Malu

Terlebih baginya yang sudah belajar pencak silat sejak masih anak-anak. Merrywati tidak ingin sekadar mempelajari teknik beladiri tersebut, tapi juga budayanya.

"Semestinya TIADA paksaan dari mana-mana pihak. Saya belajar ILMU orang melayu, sudah tentu saya mengikuti dan melakukan apa yang saya pelajari. Semoga persoalan berkaitan memakai tudung ini terjawab," ujarnya.

Penjelasan tersebut mendapat dukungan dari pengikutnya di media sosial. Sejumlah warganet berkomentar bahwa aksi Merrywati justru saling menghargai perbedaan, termasuk agama. Bagaimana pun penampilannya saat bertanding, Merrywati tetap dianggap telah mengharumkan bangsa Malaysia dengan menjuarai pertandingan.

"Tidak salah pakai tudung, walaupun kita agama lain. Asalkan tidak menimbulkan masalah," tulis seorang warganet.

"Respect. Syukur penjelasan yang padu," tulis warganet lain.

Baca Juga: Dua Wanita Naik Motor Kencang Terjang Banjir, Endingnya Bikin Puas Warganet

"Terimakasih sebab harumkan nama bangsa dan negeri," kata warganet lainnya.

Komentar