Pameran Sejarah Kopi Indonesia Segera Digelar di Amsterdam untuk yang Pertama Kali

Risna Halidi
Pameran Sejarah Kopi Indonesia Segera Digelar di Amsterdam untuk yang Pertama Kali
Ilustrasi Kopi. (pexels)

Acara tersebut akan mengajak pengunjung mengenal perjalanan kopi Indonesia.

Suara.com - Kopi telah menjadi komoditi andalan Indonesia. Dalam 10 tahun terakhir, industri kopi Indonesia mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan yaitu sebesar 250 persen.

Indonesia juga menempati urutan keempat dalam jumlah kopi yang dihasilkan, dan menjadi komoditas unggulan penghasil devisa terbesar ketiga setelah kelapa sawit dan karet.

Melihat potensi tersebut, Roemah Indonesia BV didukung oleh PMO Kopi Nusantara berencana menyelenggarakan pameran Pasar Kopi, dari 1 hingga 7 September 2022 di Posthoornkerk, Amsterdam, Belanda.

Pasar Kopi oleh Roemah Indonesia BV (Ist)
Pasar Kopi oleh Roemah Indonesia BV (Ist)

Acara tersebut akan mengajak pengunjung mengenal perjalanan kopi Indonesia, mulai dari menyaksikan sejarah produksi kopi, mengenal berbagai jenis kopi dan produk turunannya, sambil mencoba beragam kopi hasil perkebunan Indonesia.

Baca Juga: Acara Menarik di Bandung, Pameran Produk Koperasi dan UMKM 19-21 Agustus 2022

"Roemah Indonesia BV mengajak masyarakat Amsterdam mencoba kopi Indonesia. Pameran ini menjadi pameran kopi pertama perjalanan kopi Indonesia dari abad ke-16 hingga saat ini, di Amsterdam," kata CEO Roemah Indonesia BV - Suryo Tutulo, beberapa waktu lalu.

Ia menambahkan, tujuan dari pameran tersebut adalah mengangkat posisi Indonesia agar menjadi aktor penting dalam rantai suplai perdagangan kopi Indonesia di tingkat internasional.

Pada pameran ini, keragaman dan kesinambungan kopi terhadap alam serta keberlanjutannya di masa depan juga coba dinarasikan dengan baik.

"Kami sangat mengharapkan pameran ini dapat meningkatkan ekspor kopi Indonesia ke Eropa, di mana saat ini nilai kopi Indonesia ke Belanda mencapai 5.6 juta USD," tambahnya.

Menteri BUMN Erick Thohir direncanakan hadir dan secara resmi membuka pameran Pasar Kopi, yang dimeriahkan dengan paparan Amir Sidharta dan Boni Triyana sebagai kurator dan desainer pameran sejarah kopi Indonesia pertama di dunia ini.

Baca Juga: Kata Erick Thohir, Anak Muda Berperan Jadikan Indonesia Produsen Kopi Ke-4 Terbesar Dunia

Selain talk-show bersama para tokoh kopi ternama dunia, para pecinta kopi juga dapat menyaksikan langsung sesi coffee cupping dan coffee pairing, serta menikmati kopi khas Indonesia pada area unlimited brewing session.

Komentar