facebook

Jangan Gelisah! 4 Tips agar Tidur Lebih Nyenyak di Malam Hari

Rima Sekarani Imamun Nissa
Jangan Gelisah! 4 Tips agar Tidur Lebih Nyenyak di Malam Hari
Ilustrasi Tidur (Pexels.com/Wiphop Sathrawirawong)

Bagaimana cara agar tidur di malam hari bisa lebih berkualitas dan nyenyak? Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Suara.com - Tidur nyenyak berperan penting dalam upaya menjaga kesehatan. Bukan pertanda baik jika dan tidak bisa bisa tidur nyenyak di malam hari dan pada akhirnya bangun dalam kondisi tidak segar.

Dirangkum dari The Sun, ada beberapa cara agar bisa tidur lebih nyenyak. Ada saja hal-hal yang perlu diperhatikan?

1. Jaga tiga jam pertama

Tiga jam pertama pada waktu tidur Anda adalah periode krusial. Sebisa mungkin, jangan sampai Anda terbangun.

Baca Juga: 7 Manfaat Digital Detox, Tingkatkan Konsentrasi hingga Dekat dengan Sekitar

Pastikan Anda buang air kecil sebelum tidur. Selain itu, cobalah untuk mengatasi rasa sakit dan nyeri yang bisa membuat tidur tidak nyenyak, misalnya dengan minum obat penghilang rasa sakit dari dokter atau pijat.

Ilustrasi tidur. (Unsplash.com/ Andisheh A)
Ilustrasi tidur. (Unsplash.com/ Andisheh A)

2. Dapatkan dukungan pasangan

Jika sudah menikah, salah satu cara untuk melindungi jam-jam pertama yang penting itu adalah memastikan pasangan tidak membangunkan Anda. Pertimbangkan untuk pergi tidur pada waktu yang sama.

Bahkan jika ada kebiasaan pasangan yang membuat tidur Anda terus-menerus terganggu, pertimbangkan untuk menggunakan tempat tidur terpisah sementara waktu.

3. Kurangi kafein

Baca Juga: Wajib Tahu! 4 Tanda Orang Mengalami Sindrom Kelelahan Kronis

Kafein dibutuhkan mereka yang butuh begadang, tapi ini sangat tidak bersahabat bagi mereka yang menginginkan tidur nyenyak di malam hari.

Ini bukan berarti Anda sepenuhnya dilarang mengonsumsi kopi setiap hari. Tetap boleh minum kopi berkafein, tapi disarankan untuk tidak mengonsumsi kafein setelah makan siang. Artinya, jelas bukan pilihan untuk meminumnya di malam hari, kecuali Anda ingin terjaga sampai pagi.

ilustrasi kopi (pexels.com/Chevanon Photography)
ilustrasi kopi (pexels.com/Chevanon Photography)

4. Bereksperimenlah dengan waktu bangun tidur

Bukan hanya jam tidur, menetapkan waktu bangun ternyata juga bisa menjadi salah satu cara agar tidur lebih nyenyak.

"Tetapkan waktu standar, bahkan di akhir pekan, sehingga tubuh dan otak Anda tahu kapan waktunya tiba, dan dapat bersiap untuk bangun dengan segar sebelum alarm Anda berbunyi," kata penulis buku "How to Sleep Well", dr. Heil Stanley.

"Ini tidak hanya akan meningkatkan kualitas tidur Anda, tetapi juga membantu Anda merasa lebih waspada saat bangun," imbuhnya.

Komentar