facebook

Cara Pakai Acne Patch yang benar, Perhatikan 5 Hal Penting Ini

Rima Sekarani Imamun Nissa
Cara Pakai Acne Patch yang benar, Perhatikan 5 Hal Penting Ini
Ilustrasi masalah jerawat di wajah (Freepik/user18526052)

Bagaimana cara pakai acne patch yang benar agar hasilnya optimal? Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Suara.com - Acne patch mungkin sudah tidak asing lagi di kalangan beauty enhusiast, apalagi bagi kamu pejuang acne prone skin. Nah, apakah kamu sudah tahu bagaimana cara pakai acne patch yang benar?

Acne patch merupakan sebuah produk stiker wajah yang berfungsi untuk menghilangkan jerawat. Bentuknya sangat kecil dan transparan sehingga sesuai dengan ukuran jerawat yang umumnya muncul serta tidak akan mengganggu penampilan Anda.

Selain mengusir jerawat dari wajah, stiker ini juga bisa mencegah seseorang untuk menyentuh jerawat secara langsung. Seperti yang diketahui, menyentuh jerawat dengan tangan kotor bisa justru bisa membuat infeksi lebih parah, bahkan menyebar.

Cara pakai acne patch memang terlihat sangat mudah karena kamu tinggal menempelkannya. Namun, jika tidak dilakukan dengan tepat, tentu saja kamu tidak bisa melihat hasilnya dengan maksimal. Dilansir dari laman estie bunny, berikut cara pakai acne patch yang benar.

Baca Juga: Lagi Viral di TikTok, Apa Kata Dokter tentang Teknik Slugging demi Kulit Lebih Glowing?

1. Pilih patch yang sesuai dengan jenis jerawat

Terdapat dua jenis acne patch yang bisa kamu pilih. Pertama, acne patch hidrokoloid untuk jerawat berisi nanah dengan kepala putih. Ini akan membuat nanah cepat keluar dan bekasnya cepat kering.

Sementara itu, untuk jerawat di bawah kulit, gunakan acne patch microneedle. Acne patch ini biasa dilengkapi jarum kecil yang menyuntikkan bahan pencegah jerawat menjadi lebih dalam.

2. Pastikan kulit dalam kondisi bersih

Tips menggunakan acne patch yang benar selanjutnya adalah menempelkannya pada kulit kering. Artinya, lakukan sebelum kamu mengaplikasikan skincare routine atau tunggu sampai semua lapisan skincare meresap.

Baca Juga: Jerawatan Parah, Wanita Ini Putuskan Berhenti Makan Sandwich 6 Kali Sehari

Menempelkan acne patch pada kulit lembap akan membuat tempelan kurang kuat. Selain itu, pastikan untuk sedikit menekan saat menempelkan acne patch, terutama di bagian sisinya.

3. Diamkan selama 6-8 jam

Waktu paling tepat untuk menggunakan acne patch adalah sebelum tidur sehingga dapat bekerja maksimal pada jerawat. Ini akan membuat acne patch lebih efektif mengeluarkan nanah dan minyak berlebih saat penyembuhan jerawat.

Ilustrasi orang berjerawat (Pexels.com/Polina Tankilevitch)
Ilustrasi orang berjerawat (Pexels.com/Polina Tankilevitch)

4. Gunakan berulang

Sayangnya, sebagian besar jerawat tidak bisa langsung hilang dengan sekali tempel acne patch. Setidaknya, kamu harus menempelkannya selama 2 hari berturut-turut dan menggantinya secara rutin.

Kamu bisa menggunakannya di pagi dan malam hari, tentu dengan acne patch yang berbeda sampai semua nanah atau rasa sakit pada jerawat hilang.

5. Imbangi dengan makanan bergizi

Setelah selesai melakukan perawatan dengan acne patch, konsumsi makanan bergizi akan mencegah munculnya jerawat kembali. Pastikan untuk menjaga wajah tetap lembap tapi juga tidak menyimpan minyak berlebih.

Demikian informasi mengenai cara pakai acne patch yang benar. Semoga masalah jerawat kamu cepat teratasi!

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Komentar