Jessica Iskandar Lakukan Selametan Rumah Baru di Bali, Upacara Adat untuk Buang Sial Nih?

M. Reza Sulaiman | Lilis Varwati
Jessica Iskandar Lakukan Selametan Rumah Baru di Bali, Upacara Adat untuk Buang Sial Nih?
Rumah baru Jessica Iskandar. (YouTube)

Jessica Iskandar lakukan upacara adat Bali saat baru pindah ke rumah barunya. Upacara itu dilakukan oleh sang suami Vincent Verhaag yang mengenakan pakaian adat Bali.

Suara.com - Jessica Iskandar lakukan upacara adat Bali saat baru pindah ke rumah barunya. Upacara itu dilakukan oleh sang suami Vincent Verhaag yang mengenakan pakaian adat Bali.

"Yeay hari ini kita selamatan rumah baru! Terima kasih papà @v.andrianto you’re the best! We love you! Terima kasih Tuhan puji syukur kami panjatkan ke hadiratMu," tulis artis yang akrab disapa Jedar itu dalam unggahan video di Instagram, dikutip Selasa (29/11/2022).

Ibu dua anak itu juga memanjatkan doa agar keluarganya tetap sehat dan berlimpah rezeki di rumah baru tersebut.

"semoga selalu kita diberikan kesehatan, kebahagiaan, kesuksesan dan kenyamanan dirumah baru kami. Amin! I’m super happy and full of blessings." tulisnya.

Baca Juga: Jessica Iskandar Pamer Momen Liburan di Bali, Netizen: Gaya Elit Bayar Cicilan Sulit

Dalam budaya Bali, upacara memasuki rumah baru itu disebut juga Upacara Melaspas. Tujuannya untuk membersihkan dan menyucikan bangunan yang baru selesai dibangun. Selain rumah, upacara serupa juga biasa dilakukan oleh masyarakat Bali saat lakukan selametan untuk kantor, toko, kandang dan lain lain.

Potret rumah baru Jessica Iskandar yang mewah dan canggih di Bali (YouTube)
Potret rumah baru Jessica Iskandar yang mewah dan canggih di Bali (YouTube)

Sementara untuk pembangunan tempat suci palinggih atau istana Dewa, Bhatara serta Dewa Pitara/Hyang, upacara Melaspas dilanjutkan dengan Ngenteg Linggih.

Melaspas dalam bahasa Bali terdiri dari dua rangkaian kata, melas dan pas. Kata Melas berarti pemisah. Sedangkan Pas artinya cocok. Sehingga melaspas berarti pembuatan bangunan terdiri dari dua unsur yang berbeda (kayu dan batu), lalu di satukan terbentuklah bangunan yang cocok atau layak untuk di tempati.

Dikutp dari situs wisata Bali, upacara Melaspas wajib dilakukan oleh Umat Hindu di Bali dan sudah menjadi tradisi secara turun temurun hingga saat ini. Meski begitu, kegiatan upacara Melaspas juga sudah umum dilakukan oleh orang non Hindu yang tinggal di Bali.

Baca Juga: 'Please Help Me', Jessica Iskandar Ngadu ke Kapolri, Laporan Kasus Penipuan Rp10 Miliar Lambat Ditangani