3 Cara Menghilangkan Bau Durian, Ternyata Mudah!

Rifan Aditya
3 Cara Menghilangkan Bau Durian, Ternyata Mudah!
3 Cara Menghilangkan Bau Durian (gambar hanya ilustrasi) - Pedagang menjajakan buah Durian saat Bazar Durian di Mal Tamini Square, Jakarta Timur, Minggu (30/1/2022). [Suara.com/Alfian Winanto]

Selain di mulut, bau durian juga bisa sangat menempel di tangan. Lantas, bagaimana cara menghilangkan bau durian?

Suara.com - Aroma buah durian yang menyengat memang sering kali tertinggal di mulut setelah kamu mengonsumsinya. Kalau terlalu banyak, terkadang aromanya juga cukup menempel sehingga mengganggu kamu ketika makan makanan lain. 

Nah, bagi kamu yang tidak menyukai aroma durian, ada beberapa cara menghilangkan bau durian yang ampuh yang bisa kamu coba.

1. Minum air putih dari kulit durian

Kulit durian mengandung enzim poligalakturonase dan nutrisi lain yang bisa menetralkan bau dari durian itu sendiri. Cara menghilangkan bau durian adalah dengan menuang air minum ke dalam kulit yang sudah kosong, lalu meminumnya.

Baca Juga: Nathalie "Prikitiw" Holscher Ungkap Kerinduannya kepada Duda Keren yang Mirip Durian

Meski belum secara detail dijabarkan secara ilmiah, namun cara menghilangkan bau durian yang satu ini cukup berhasil. Setelah meminum dari kulit durian, maka kamu bisa lanjut dengan minum air putih seperti biasanya. Coba, deh!

2. Minum air kelapa

Nah, cara menghilangkan bau durian berikutnya adalah dengan meminum air kelapa. Air kelapa memang terkenal sebagai elektrolit dan antibakteri, yang bisa menghilangkan aroma menyengat di mulut.

Air kelapa juga bisa membuat perut jadi dingin, menetralkan rasa panas yang terkadang terasa kalau terlalu banyak makan durian. Kalau biasanya setelah makan durian aromanya masih keluar saat sendawa, lain halnya kalau kamu sudah minum air kelapa, aroma tersebut akan berkurang. 

3. Kumur menggunakan air garam

Baca Juga: Resep Ramadhan: Kolak Durian, Takjil Favorit Rasanya Enak Dijamin Ketagihan

Garam dikenal sebagai agen sterilisasi dan antibakteri, jadi kumur menggunakan air garam bisa menetralkan aroma durian sekaligus membantu mengurangi bakteri yang tertinggal di dalam mulut setelah makan. Tapi kamu patut hati-hati, karena jika ada luka di dalam mulut maka kumur dengan air garam akan sedikit terasa perih.

Selain di mulut, bau durian juga bisa sangat menempel di tangan. Apalagi, tekstur durian yang creamy dan cenderung lengket, jadi cukup susah jika hanya dicuci dengan air saja.

Nah, cara yang paling ampuh adalah dengan menggunakan air yang sudah kamu tuang ke dalam kulit durian. Kamu bisa mencuci tangan sambil menggosok-gosokan ujung jari ke dasar kulit durian.

Itulah beberapa cara menghilangkan bau durian. Selamat mencoba!

Kontributor : Rishna Maulina Pratama