Viral di Twitter, Astaxanthin Lebih Efektif untuk Mencegah Penuaan Dini daripada Vitamin E

Yasinta Rahmawati

Senin, 27 November 2023 | 17:34 WIB
Viral di Twitter, Astaxanthin Lebih Efektif untuk Mencegah Penuaan Dini daripada Vitamin E
Ilustrasi suplemen dan vitamin. (Shutterstock)

Suara.com - Selama ini suplemen vitamin E dikenal baik untuk membantu mencegah penuaan dini dan kerutan di wajah. Namun belum lama ini, netizen Twitter (X) ramai memperbincangkan soal suplemen yang lebih mujarab ketimbang vitamin E, yakni astaxanthin.

Perbincangan itu bermula dari akun Twitter @/hanmula yang menanggapi soal pemberitaan Ibu Negara Korea Selatan, Kim Keon Hee.

Kim Keon Hee yang berusia 51 tahun dipuji awet muda seperti masih 30-an oleh media asal Inggris. Untuk mendapatkan tampilan wajah itu, Kim Keon Hee melakukan botox dan filler.

Namun banyak netizen Indonesia tidak setuju. Mereka menilai bahwa Kim Keon Hee tetap terlihat sesuai umurnya.

Terkait hal itu, akun Twitter @/hanmula lantas membahas soal suplemen astaxanthin yang memiliki antioksidan jauh lebih banyak ketimbang vitamin E.

"Tau ga suplemen atau vitamin biar menghilangkan kerutan dan awet muda? Bukan vitamin E, tapi astaxanthin, antioksidan yang jauh lebih kuat dari Vit E. Astaxanthin dari algae warna merah. Cocok dikonsumsi sobat early 30 biar kulitnya kenceng," tulis akun Twitter (X) @hanmula, Jumat (24/11/2023).

Ilustrasi kulit awet muda dan cerah (pixabay/whitedeamon)
Ilustrasi kulit awet muda dan cerah (pixabay/whitedeamon)

Astaxanthin sendiri merupakan karotenoid alami yang ditemukan di banyak organisme laut seperti mikroalga, salmon, udang, dan lobster. Ini adalah antioksidan yang memberi warna oranye atau merah alami pada buah dan sayuran maupun hewan.

Astaxanthin larut dalam lemak dengan sifat antioksidan kuat yang berperan dalam melindungi sel dari radikal bebas dan stres oksidatif.

Dalam sebuah penelitian tahun 2001 oleh Profesor Debasis Bagchi di Creighton University, astaxanthin ditemukan 14 kali lebih baik dari Vitamin E dalam menghilangkan radikal bebas.

baca juga

Dikutip dari Healthline, sebagai antioksidan, astaxanthin dikatakan memiliki banyak manfaat kesehatan tubuh serta kulit. Tak cuma dalam bentuk supleman, astaxanthin kini banyak ditemukan sebagai bahan dalam produk skincare karena dapat meningkatkan kesehatan kulit.

Sebuah studi tahun 2012 menunjukkan bahwa menggabungkan astaxanthin dosis topikal dan oral dapat membantu menghaluskan kerutan, mengecilkan bintik-bintik penuaan, dan membantu menjaga kelembapan kulit.

Penelitian ini memiliki hasil positif pada pria dan wanita. Namun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi temuan ini.

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Komentar

Terkait

3 Manfaat Mengonsumsi Timun Rebus, Salah Satunya Kaya Antioksidan

3 Manfaat Mengonsumsi Timun Rebus, Salah Satunya Kaya Antioksidan

Your Say | Sabtu, 11 November 2023 | 20:51 WIB

4 Jenis Makanan agar Tubuh Tetap Terhidrasi Meski Cuaca Terik

4 Jenis Makanan agar Tubuh Tetap Terhidrasi Meski Cuaca Terik

Your Say | Senin, 16 Oktober 2023 | 14:50 WIB

6 Manfaat Konsumsi Bayam Brazil untuk Kesehatan Tubuh, Bantu Cegah Anemia

6 Manfaat Konsumsi Bayam Brazil untuk Kesehatan Tubuh, Bantu Cegah Anemia

Your Say | Kamis, 12 Oktober 2023 | 14:00 WIB

Terkini

Local Media Community Gandeng Google Dukung Penguatan Ekosistem Media Lokal

Local Media Community Gandeng Google Dukung Penguatan Ekosistem Media Lokal

News | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 00:55 WIB

Tegas! Menkeu Purbaya Ungkap Tak Ada Kenaikan Gaji Guru di 2027

Tegas! Menkeu Purbaya Ungkap Tak Ada Kenaikan Gaji Guru di 2027

Bisnis | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 00:12 WIB

Renjana Perca, Saat Fashion Indonesia Bertemu Ekonomi Sirkular

Renjana Perca, Saat Fashion Indonesia Bertemu Ekonomi Sirkular

Lifestyle | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 23:48 WIB

Modal Foto AI Berseragam Polisi, Pria di Bandung Tipu Korban dan Bawa Lari Uang

Modal Foto AI Berseragam Polisi, Pria di Bandung Tipu Korban dan Bawa Lari Uang

Jabar | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 23:20 WIB

Insentif Guru Ngaji di Bogor Jadi Rp1,2 Juta per Tahun

Insentif Guru Ngaji di Bogor Jadi Rp1,2 Juta per Tahun

Bogor | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 23:15 WIB

Jaga Gajah Sumatera, Pertamina Kilang Plaju Perkuat Upaya Melestarikan Warisan Alam Sumsel

Jaga Gajah Sumatera, Pertamina Kilang Plaju Perkuat Upaya Melestarikan Warisan Alam Sumsel

Sumsel | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 23:11 WIB

Temukan 1.500 Warga Terjebak Grup LGBT Daring, Pemkab Serang Siapkan Langkah Pembinaan

Temukan 1.500 Warga Terjebak Grup LGBT Daring, Pemkab Serang Siapkan Langkah Pembinaan

Banten | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 23:06 WIB

Bank Sumsel Babel dan Unsri Bersinergi Menyiapkan Generasi Pemimpin Masa Depan

Bank Sumsel Babel dan Unsri Bersinergi Menyiapkan Generasi Pemimpin Masa Depan

Sumsel | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 22:55 WIB

Havaianas Debut Kitten Heel di Copenhagen Fashion Week

Havaianas Debut Kitten Heel di Copenhagen Fashion Week

Lifestyle | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 22:42 WIB

Perombakan Buku Sekolah, Solusi Literasi atau Cuma Proyek Bisnis Baru?

Perombakan Buku Sekolah, Solusi Literasi atau Cuma Proyek Bisnis Baru?

News | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 22:10 WIB

×