Basarnas Pusatkan Pencarian Laut di 12 Titik Ini

Arsito Hidayatullah | Dwi Bowo Raharjo
Basarnas Pusatkan Pencarian Laut di 12 Titik Ini
Kapal Basarnas di perairan Belitung Timur, hari ini, Selasa (30/12/2014), menuju kawasan Teluk Kumai di Kalimantan. [Suara.com/Dwi Bowo Raharjo]

Pencarian laut sendiri dilakukan menggunakan setidaknya 29 kapal dari tim gabungan.

Suara.com - Pihak Badan SAR Nasional (Basarnas) mengungkapkan bahwa di hari ketiga pencarian pesawat AirAsia QZ8501 yang hilang kontak sejak Minggu (28/12/2014) pagi, setidaknya ada 12 titik pencarian laut yang akan difokuskan.

Kapal KN 224 milik Basarnas sendiri disebut akan fokus mencari di sisi barat Teluk Kumai, demi mencari keberadaan pesawat rute Surabaya-Singapura yang terakhir diketahui hilang kontak dengan menara pengawas (ATC) di lokasi antara Tanjung Pandan dan Pontianak itu.

"Menuju tepat posisi LKP 03 derajat 22 menit 15 detik LS, (dan) 109 derajat 41 menit 28 detik BT di sisi barat Teluk Kumai, Kalimantan Barat," ungkap kru kapal KN 224, Made Oka, di atas kapal Basarnas, Selasa (30/12).

Dikatakan Made Oka, berdasarkan informasi dari Basarnas Pusat, pencarian di area udara sementara itu akan diperluas. Menurutnya, ada 13 titik yang tersebar untuk ditelusuri tim dengan armada udara.

Sementara untuk laut, dia menyebut ada lebih dari 20 kapal tim gabungan dari TNI AL, Basarnas, Pol Air, serta kapal dari Kementerian Perhubungan dan instansi lain.

"Ada 29 kapal yang dikerahkan untuk mencari di 12 titik koordinat. Kita yang di koordinat 4," jelas Made.

Adapun ke-12 titik pencarian laut pesawat AirAsia tersebut pada hari ketiga ini, antara lain berada di: utara Tanjung Pandan, utara Pulau Belitung, Kepulauan Karimata, antara Belitung dan Kumai, Teluk Kumai, Laut Jawa, perairan Laut Jawa, Laut Jawa sebelah utar Cirebon, selatan Pulau Belitung, dua titik di kawasan utara Bangka-Belitung, serta di perbatasan antara Kalbar dan Kalsel.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS