alexametrics

Selama Enam Bulan, Benda Ini Gegerkan Israel

Esti Utami
Selama Enam Bulan, Benda Ini Gegerkan Israel
Benda aneh yang ditemukan di kuburan di Yerusalem. (Israel Antiquities Authority)

Pengguna Facebook akhirnya mengungkap ini adalah alat yang digunakan untuk ritual penyembuhan naturopaths.

Selama hampir enam bulan, benda yang ditemukan di sebuah kuburan di Jerusalem ini menjadi misteri bagi pengelola benda antik di Israel. Benda terbuat dari emas itu berbentuk seperti rolling pin dan kemudian diserahkan ke lembaga itu untuk ditelusuri asal-usulnya.  

"Sungguh saya belum pernah melihat benda seperti ini sebelumnya," ujar Amir Ganor,  kepala unit pencegahan perampokan Israel kepada NBC News.

Objek misterius ini ditemukan oleh seorang petugas yang melihat sesuatu berkilauan di sebuah kuburan di Yerusalem. Kuburan itu adalah sebuah situs arkeologi penting di mana banyak ditemukan benda-benda dari masa  Romawi kuno, Bizantium dan periode perang salib.

Awalnya si petugas mengira benda itu adalah bahan peledak, sehingga dia menghubungi unit penjinak bom. Namun, setelah dilakukan penggalian objek seberat 19-pound (sekitar 9,5 kilogram) dari emas ditemukan dalam kondisi utuh.

Bertekad untuk mencari tahu apa yang telah digali, Ganor dan timnya membawanya ke toko perhiasan untuk pemeriksaan. Di sana, mereka mengetahui benda itu dilapisi emas 24 karat. Kemudian dari penyinaran sinar-x, diketahui benda itu adalah logam padat.

Setelah berbulan-bulan gagal mengetahui apa sebenarnya benda ini, akhirnya mereka berpaling kepada bantuan publik dengan mengunggahnya di akun Facebook untuk meminta saran.

Dalam beberapa jam, ratusan tanggapan mengalir. Ada yang menyebut ini adalah alat inseminasi sapi, atau alat untuk menggulung adonan roti, potongan mesin industri, jam tangan, benda pijat, atau sesuatu yang berkaitan dengan ritual ibadah.

Akhirnya, Mikha Barak dari Italia berhasil memecahkan misteri itu. Barak yang seorang ahli benda antik mengidentifikasi objek itu sebagai sesuatu yang biasa digunakan untuk metode penyembuhan 'naturopaths.

"Objek ini diproduksi oleh sebuah perusahaan Jerman, yang disebut 'Isis Beamer' yang dikembangkan dari dewi Mesir Isis. Dalam mitologi Mesir dia adalah dewi pengobatan,
sihir dan alam," katanya.

Otoritas setempat mengatakan, telah mengundang Barak ke Israel.

Suara.com - "Kami berharap bahwa mereka yang menyimpan objek ini di kuburan menghubungi kami dan menjelaskan mengapa disimpan di makam kuno dan kepada siapa mereka ingin memberikan energi positif itu," pungkas Garon. (nbcnews.com)