Pendakian di Gunung Soputan Tidak Ditutup Meski Berstatus Siaga

Pebriansyah Ariefana
Pendakian di Gunung Soputan Tidak Ditutup Meski Berstatus Siaga
Gunung Soputan menyemburkan lava pijar dan debu vulkanis terlihat dari Desa Silian 3, Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara, Selasa (5/1). (Antara)

Pihaknya tidak mengeluarkan peringatan bagi para pendaki untuk melakukan aktifitas di sekitaran gunung.

Suara.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Minahasa Tenggara memastikan bahwa jalur pendakian ke arah Gunung Soputan tidak ditutup. Pengunjung pun tidak dibatasi meski gunung itu bestatus siaga.

"Kami pastikan untuk pendakian ke arah Gunung Soputan tidak ditutup atau dibatasi kunjungannya," kata Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Erick Manaroinsong di Ratahan, Kamis (8/9/2016).

Dia menyebutkan pihaknya tidak mengeluarkan peringatan bagi para pendaki untuk melakukan aktifitas di sekitaran gunung, sebelum berkoordinasi dengan pos pemantau gunung api yang berada di Kecamatan Silian.

"Setiap peringatan yang kami keluarkan itu berdasarkan informasi dari pos pemantau, namun sampai sekarang tidak ada pemberitahuan," ujar Erick.

Dia menambahkan saat ini untuk status Gunung Soputan berada pada siaga level II, dan belum ada perubahan status.

"Sekarang statusnya belum ada perubahan, maka kita tidak memberikan peringatan bagi masyarakat untuk melakukan pendakian," katanya.

Lebih lanjut kata Erick pihaknya akan terus melakukan koordinasi dengan pihak pos pemantau gunung untuk memastikan kondisi yang terjadi.

"Kita akan terus memantau dan memberikan informasi kepada masyarakat jika ada perubahan status dari Gunung Soputan," ujarnya. (Antara)

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS