facebook

Alami Kerusakan Otak, Mantan Juara MotoGP Tutup Usia

Syaiful Rachman
Alami Kerusakan Otak, Mantan Juara MotoGP Tutup Usia
Nicky Hayden saat menjuarai MotoGP tahun 2006 [AFP]

Sebelumnya sempat dirawat di rumah sakit.

Suara.com - Mantan juara MotoGP asal AS Nicky Hayden meninggal dunia akibat kerusakan otak beberapa hari setelah ia ditabrak mobil saat bersepeda di timur Italia, demikian dilaporkan media Italia pada Senin (22/5/2017). Belum ada konfirmasi resmi dari tim Red Bull Hondanya atau rumah sakit yang merawatnya. Juru bicara untuk rumah sakit Maurizio Bufalini di Cesene mengatakan pernyataan resmi akan segera dikeluarkan.

Hayden (35) tertabrak mobil saat berlatih dengan menggunakan sepedanya di Pesisir Adriatic Italia, dampak benturan itu sampai merusak kaca mobil.


Buletin medis terkini dari rumah sakit tersebut, tertanggal 20 Mei, mengatakan Hayden masih berada dalam kondisi kritis. Rumah sakit sebelumnya telah mengatakan ia mengalami kerusakan otak serius akibat kecelakaan ini.

Para dokter mengatakan juara MotoGP 2006 ini, yang memiliki julukan "The Kentucky Kid," dalam kondisi koma. Tunangan Hayden, Jackie, telah mendampinginya bersama saudara kandungnya Tommy dan ibunya Rose yang terbang dari AS.

Hayden terakhir kali membalap pada kejuaraan MotoGP di Spanyol pada September 2016 sebagai pengganti untuk pebalap asal Australia Jack Miller yang cedera di tim satelit Marc VDS Honda. Ia tampil pada 216 balapan antara 2003 dan 2015, dengan catatan tiga kemenangan.

Sejumlah surat kabar Italia melaporkan pada Senin bahwa para penyelidik telah menemukan video kecelakaan itu dari kamera di sebuah rumah yang menghadap ke jalan.

Mereka mengatakan gambar-gambar yang ada mengindikasikan Hayden tidak dapat berhenti di persimpangan jalan dan terhantam mobil yang sedang melaju.

Belum ada konfirmasi terhadap laporan-laporan tersebut dari para penyelidik. (Antara)