Alexa

Kapolri Klaim Fasilitas Mudik Sudah Lengkap

Pebriansyah Ariefana | Ummi Hadyah Saleh
Kapolri Klaim Fasilitas Mudik Sudah Lengkap
Kapolri Jenderal Tito Karnavian memimpin apel gelar pasukan Operasi Ramadniya 2017 di lapangan Silang Monas, Jakarta, Senin (19/6/2017). [Suara.com/Oke Atmaja]

Di kawasan Tol Brexit akan disediakan bahan bakar minyak (BBM) kemasan.

Suara.com - Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Polisi Tito Karnavian mengatakan kepolisian dan kementerian atau instansi terkait menyiapkan posko-posko di area peristirahatan (rest area) bagi pemudik.

"Kita juga sipakan posko-posko bersama di rest-rest area, tenda-tenda bersama, jadi jangan khawatir masyarakat," ujar Tito di Lapangan Silang Monas, Jakarta, Senin (19/6/2017).

Dalam hal pelayanan kesehatan, Kementerian Kesehatan telah menyiapkan petugas kesehatan untuk melayani pemudik dengan menggunakan ambulans dan motor dan helikopter.

"Bahkan banyak sekali terobosan luar biasa saya lihat contohnya untuk kesehatan, ibu menteri sudah menyiapkan pakai motor selain ada ambulans, heli juga sudah kita siapkan juga. Dari Basarnas ada tiga, jadi kalau perlu Ambulans yang cepat itu juga bisa," kata dia.

Tak hanya itu, mantan Kapolda Metro Jaya itu menuturkan pemerintah melalui Pertamina juga menyiapkan tangki bahan bakar minyak untuk membantu pemudik yang kehabisan BBM. Kemudian disediakan juga montir bagi pemudik.

"Dari Pertamina, kemaren sudah memperlihatkan pasukan sepeda motornya yang membawa tiga tangki masing-masing 10-10 liter. Di rest area sendiri nanti ada selain mobil-mobil tangki dijual juga minyak-minyak solar dan pertamax 1 sampai 10 liter dalam kalengan," tutur Tito.

"Montir juga begitu, ada montir yang naik motor nanti dengan peralatan darurat untuk membantu kalau ada yang mogok. Jadi mudah-mudahan nggak ada lagilah horor brexit itu ya," sambungnya.

Lebih jauh, Tito menghimbau masyarakat untuk mudik lebih awal untuk mengantisipasi kemacetan. Ia menyarankan masyarakat tidak berbondong-bondong pada 23 dan 24 Juni 2017.

"Tapi kalau bisa sudah mulai dari sekarang, Alhamdulillah 19 Juni anak sekolah liburan, bapak ibunya kalau bisa ambil cuti duluan (mudik) mungkin. Ini bisa mengurangi harusnya nanti," kata Tito.

Sementara arus balik, ia juga menghimbau masyarakat untuk tidak berbondong-bondong pulang pada Sabtu atau Minggu.

"Kemudian untuk arus balik sama, kita minta begitu juga jangan berbondong-bondong di hari Sabtu dan Minggu depannya. Mungkin sudah dimulai Kamis, Jumat bertahap pulang. Kalau ada yang memperpanjang cuti mungkin setelah seminggu ya monggo juga supaya tidak meledak di hari Sabtu dan Minggu," tandasnya.

loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

Hayoo ngaku siapa yang suka ngeliatin pria beruban 😆 #DidYouKnow
.
.
.
#fakta #faktapria #faktawanita #uban #rambut #catrambut #coloring #georgeclooney #markrufallo #tahukahkamu #likesforlikes #suaradotcom

INFOGRAFIS