facebook

Ketika Jokowi Dengar Cerita Pejuang Lingkungan Kalpataru

Pebriansyah Ariefana | Erick Tanjung
Ketika Jokowi Dengar Cerita Pejuang Lingkungan Kalpataru
Presiden Joko Widodo dalam sambutan Peringatan Hari Lingkungan Hidup dan Peresmian Landmark Hutan Indonesia di gedung Manggala Wana Bhakti, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Jakarta Pusat, Rabu (2/8/2017). (suara.com/Erick Tanjung)

Anwar menceritakan kepada Jokowi bahwa dirinya sehari-hari menanam tanaman mangrove.

Suara.com - Presiden Joko Widodo menghadiri Peringatan Hari Lingkungan Hidup sekaligus meresmikan Landmark Hutan Indonesia di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Jakarta Pusat, Rabu (2/8/2017). ‎Seperti biasa, di tengah-tengah sambutan Jokowi meminta dua orang penerima penghargaan Kalpataru ke atas panggung.

Dalam kesempatan itu Jokowi berdialog dengan mereka. Mantan gubernur DKI Jakarta ini pun meminta mereka menceritakan kegiatan sehari-hari dalam memanfaatkan lahan dan menjaga lingkungan.

Salah satu penerima penghargaan Kalpataru yang maju ke panggung adalah Anwar, dia berasal dari Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Anwar menceritakan kepada Jokowi bahwa dirinya sehari-hari menanam tanaman mangrove.

"Pekerjaan saya setiap hari menanam mangrove. Yang sudah saya tanam sudah ratusan hektar‎. Jumlah mangrove-nya nggak hafal lagi, mungkin jutaan Pak," kata Anwar.

Baca Juga: Indonesia- Norwegia Kerjasama Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Dia mengaku sudah tak terhitung berapa jumlah mangrove yang ia tanam, sebab ia menanam tak hanya siang, bahkan malam hari juga.

Kemudian Jokowi kembali bertanya apa lagi yang dikerjakan Anwar sehari-hari. Lelaki yang mengenakan pakaian adat ini pun mengaku bahwa dirinya juga penjual bibit mangrove.

"Oh, selain nanam, jual bibit juga? Pintar ini namanya, sambil menyelam minum air. Sampai jual jutaan bibit, kaya raya dong?" tanya Jokowi.

Mendengar tanggapan dan pertanyaan Jokowi kalau dirinya kaya dari menjual bibit mangrove, Anwar pun menyanggah. Anwar menceritakan ke Jokowi bahwa rumahnya pernah tertimpa pohon tumbang.

"Nggak (kaya raya) pak. Dua anak saya kuliah, 3 anak tinggal sama menantu.‎ Rumah saya pun saya pelihara pohon kayu, tapi rumah saya pernah ditimpa pohon kayu," cerita Anwar.

Baca Juga: Jokowi Dikunjungi Menteri Lingkungan Hidup Norwegia

Jokowi pun kembali menimpali.‎ "Cinta banget pada pohon, rumah ketimpa pohon ceritanya gimana?" tanya Jokowi lagi yang disambut tawa.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS