Alexa

Pose Hadap Laut dan Gunakan Pepatah Madura, Apa Maksud Anies?

Ruben Setiawan
Pose Hadap Laut dan Gunakan Pepatah Madura, Apa Maksud Anies?
Anies Baswedan. (Instagram)

Foto itu diunggahnya jelang pelantikan dirinya menjadi Gubernur DKI Jakarta.

Anies Baswedan punya cara-cara tersendiri untuk menyambut pelantikan dirinya menjadi Gubernur DKI Jakarta, Senin (16/10/2017). Salah satunya adalah dengan cara mengunggah foto di akun media sosial Instagram, Sabtu (14/10/2017).

Dalam foto tersebut, Anies terlihat sedang berdiri membelakangi kamera. Di hadapannya, terbentang lautan luas dengan matahari pada posisi rendah. 

“Abhental ombek asapo angin, pepatah Madura mengingatkan. Berbantal ombak berselimut angin, demikianlah takdirnya bangsa kepulauan. Maka lautan, teluk dan pesisir jangan dipunggungi. Setuju ya, teman-teman?” tulis Anies di caption foto. 

Berdasarkan penelusuran dari berbagai sumber, pepatah yang dipakai Anies memang merupakan salah satu falsafah yang menjadi landasan hidup masyarakat Madura. Pepatah itu mewakili sikap mereka yang pantang menyerah untuk meraih impiannya.

Falsafah ini banyak dipakai para nelayan di Madura, untuk menggambarkan laut sebagai rumah, dengan ombak diumpamakan sebagai bantal, dan angin sebagai selimut.  Pepatah “A bental ombek asapok angen” ini juga merupakan syair dalam lagu daerah Madura, Tandhu’ Majeng.

Tidak dapat diketahui pasti apa yang ingin disampaikan Anies melalui penyataannya dalam caption tersebut, dan tak dapat pula dipastikan apakah berkaitan dengan jabatan yang bakal ia sandang lima tahun ke depan. 

Komentar yang disampaikan netizen pun beragam. Sebagian besar berusaha menebak-nebak apa yang sebenarnya ingin ditunjukkan Anies melalui pernyataan itu. Beberapa menduga, pernyataan itu adalah komitmen Anies untuk menolak reklamasi di teluk Jakarta.

“Setuju pak gub... jangan takut same si luhut.. #TolakReklamasi,” tulis @pos54.id.

“Yeess !! Kami dibelakangmu pak ! Tolak Reklamasi !,” tulis @akbar.purnomoo.

“Arahnya.....no reklamasi nih !!! Mantaff pak @aniesbaswedan !!! Bpk dpilih rakyat tanggung jawabnya guede tenan……” tulis @emfirdauszein.

“Kita tolak sama2 Pak, rakyat tolak reklamasi...kedaulatan berada ditangan rakyat...bukan ditangan presiden, menteri apalagi pengembang,” tulis @Iindarsiih

“Tolak reklamasi pak @aniesbaswedan ....lawan para chukong2 yg sdh mulai "menunggangi" oknum penguasa,” tulis @ahmadromdhan.

loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

Hayoo ngaku siapa yang suka ngeliatin pria beruban 😆 #DidYouKnow
.
.
.
#fakta #faktapria #faktawanita #uban #rambut #catrambut #coloring #georgeclooney #markrufallo #tahukahkamu #likesforlikes #suaradotcom

INFOGRAFIS