Putus Asa, Gerombolan ISIS di Irak Menyerahkan Diri

Reza Gunadha
Putus Asa, Gerombolan ISIS di Irak Menyerahkan Diri
Pasukan Anti-teroris Irak yang memerangi ISIS di Mosul. (AFP)

Kolonel Ahmed al-Jabouri dari komando operasi Nineveh mengatakan, saat ini sekitar 85 persen wilayah Nineveh telah terbebas dari Daesh.

Suara.com - Sejumlah gerombolan teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) menyerahkan diri kepada pasukan keamanan Irak, di barat Mosul, Provinsi Nineveh, Senin (11/12/2017). Mereka semua mengakui putus asa setelah kehilangan komando dari atasannya.

“53 militan menyerahkan senjata mereka di distrik Al-Hadar, wilayah Al-Wadi, sekitar 80 kilometer barat Mosul,” jelas Brigadir Jenderal Saad al-Janabi kepada Anadolu Agency, Selasa (12/12).

Menurut al-Janabi, sebagian dari mereka yang menyerahkan diri adalah penduduk setempat yang bergabung dengan kelompok teroris saat mereka menguasai Mosul pada pertengahan 2014. Sebagian lagi adalah warga asing dari negara-negara Arab dan Eropa.

Al-Janabi mengatakan, eks-gerombolan teroris yang berasal dari daerah setempat telah dirujuk ke pihak keamanan nasional Irak. Sementara warga negara asing dikirim ke badan kontraterorisme Irak.

Kolonel Ahmed al-Jabouri dari komando operasi Nineveh mengatakan, saat ini sekitar 85 persen wilayah Nineveh telah terbebas dari Daesh.

Perdana Menteri Irak Haider al-Abadi, Sabtu (9/12) akhir pekan lalu, mengumumkan bahwa seluruh wilayah perbatasan Irak dengan Suriah telah diamankan.

Pada Agustus, al-Abadi mendeklarasikan bahwa Nineveh telah “sepenuhnya bersih” dari ISIS, yang baru-baru ini mengalami serangkaian kekalahan di Irak dan Suriah setelah menguasai sebagian besar wilayah negara sejak pertengahan 2014.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS