Bukan Kebakaran, Ini Penyebab Kepulan Asap di Gedung DPR

Pebriansyah Ariefana | Dian Rosmala
Bukan Kebakaran, Ini Penyebab Kepulan Asap di Gedung DPR
Titik kebakaran di lantai 4 Gedung Nusantara III DPR. (suara.com/Dian Rosmala)

Fahri Hamzah tak ada di ruangan saat asap mengepul.

Suara.com - Kepulan asap berasal dari lantai 4 Gedung Nusantara III DPR ternyata bukan karena kebakaran. Melainkan ada alat pemadam kebakaran ringan yang bereaksi karena mendeteksi panas.

Alat pemadam berbentuk tabung itu terletak di ruangan.

"Jadi saya atas nama Sekjen DPR, selaku Deputi Administrasi secara resmi menyatakan bahwa hari ini di DPR tidak terjadi kebakaran. Sekali lagi tak ada kebakaran," kata Deputi Adminstrasi Kesetjenan DPR RI Mardian Umar, di DPR, Jakarta, Senin (19/3/2018).

Menurut Mardian, alat pemadam itu baru dipasang tiga bulan lalu untuk mengganti alat serupa yang sudah lama. Tapi, alat baru tersebut lebih canggih dari alat sebelumnya.

"Itu artinya alat tersebut canggih ya. Alat ini lebih responsif. Jadi itu yang keluar adalah letupan aerosol. Jadi alatnya, ketika mendeteksi panas itu langsung keluarkan bahan aerosol itu. Itu jenis fire pro," ujar Mardian.

Mardian mengatakan alat tersebut terletak di ruang kerja Wakil Ketua DPR Fraksi PKS,Fahri Hamzah. Tak ada kerusakan akibat kejadian itu.

"Alhamdulillah semuanya aman. Tak ada berkas yang terbakar. Pak Fahri saat tidak di ruangan. Jadi aman ya. Tidak ada kebakaran," tutur Mardian.

Mardian menduga ada percikan api dari salahsatu kabel di ruangan itu. Karena alat pemadam kebakaran ringan tersebut terlalu sensitif, maka secara cepat alat itu menyemburkan asap aerosol.

"Jadi alat ini sangat sensitif. Jadi secara spontan keluarkan asap itu," kata Mardian.

Kini petugas pemadam kebakaran telah meninggalkangedung DPR, setelah memastikan tak ada kebakaran di Gedung DPR.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS