Masjid Istiqlal Akan Gelar Takbir sampai Pukul 11 Malam

Reza Gunadha | Ria Rizki Nirmala Sari
Masjid Istiqlal Akan Gelar Takbir sampai Pukul 11 Malam
ILUSTRASI - Presiden Joko Widodo salat Isya dan Tarawih hari pertama bulan Ramadan di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Rabu (16/5/2018) malam. [Suara.com/Dwi Bowo Rahardjo]

Abu menambahkan, kegiatan takbiran akan dimulai seusai salat Isya hingga pukul 23.00 WIB.

Suara.com - Masjid Istiqlal Jakarta tengah bersiap untuk menyambut hari raya Idul Fitri 1439 Hijriah, yang akan jatuh pada Jumat (14/6/2018). Salah satunya yang dipersiapkan ialah kegiatan takbir.

Kepala Bagian Humas dan Protokoler Masjid Istiqlal Abu Hurairah menjelaskan, apabila Kementerian Agama menetapkan 1 Syawal jatuh pada hari esok, maka dapat dipastikan kegiatan takbiran akan dilakukan malam ini.

"Kalau seandainya pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama menetapkan bahwasanya 1 Syawal itu jatuh pada hari Jumat besok, berarti malam ini tentunya takbir," jelas Abu di Masjid Istiqlal, Kamis (14/6/2018).

Abu mengatakan, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dijadwalkan hadir untuk memukul beduk kecil sebagai simbolisasi dimulainya malam takbiran.

Namun, apabila Lukman berhalangan hadir, posisinya akan diganti dengan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam.

"Kalau seandainya tidak ada, nanti ada Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam yang akan memukul secara simbolis beduk kecil," katanya.

Abu menambahkan, kegiatan takbiran akan dimulai seusai salat Isya hingga pukul 23.00 WIB yang dipimpin Imam Muadzin Masjid Istiqlal.

"Lalu dilanjutkan dengan takbir oleh Imam Muadzin Masjid Istiqlal sampai pukul 11 malam," pungkasnya.

Baca Juga
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS