Tak Ikut Pileg, Menteri dari Nasdem Diminta Fokus Bantu Jokowi

Pebriansyah Ariefana | Dwi Bowo Raharjo
Tak Ikut Pileg, Menteri dari Nasdem Diminta Fokus Bantu Jokowi
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukito melakukan sidak harga bahan pokok di Pasar Desa Adat Jimbaran, Kuta, Badung, Bali. (Suara.com/Luh Wayanti)

Setelah menyebut menteri dari Nasdem dilarang ikut Pileg, Enggartiasto langsung segera mengkoreksi pernyataan.

Suara.com - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengklaim tidak akan mendaftar sebagai calon anggota legislatif di Pemilihan Umum 2019. Sebagai kader Partai Nasdem, ia menyebut dilarang ikut Pileg saat masih menjabat.

"Nggak lah ya. Di Nasdem kami dilarang, karena kami disuruh fokus," ujar Enggartiasto di Kompleks Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (9/7/2018).

Setelah menyebut menteri dari Nasdem dilarang ikut Pileg, Enggartiasto langsung segera mengkoreksi pernyataan.

Ia menyebut partai yang diketuai Surya Paloh hanya meminta kader fokus untuk membantu pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla selama menjabat.

"Di Nasdem disampaikan, sejak awal kami disuruh fokus. Jadi, saya dengan Bu Baya tidak, (akan ikut Pileg)," kata dia.

Enggartiasto memastikan kader Partai Nasdem yang ada di kabinet kerja tidak akan ikut Pileg. Yakni dia dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya.

"Yang pasti bisa saya bilang ya dua, saya dengan Bu Baya kan yang dari Nasdem," kata Enggartiasto.

Sebelumnya, Presiden Jokowi tidak melarang menteri di kabinet ikut Pileg 2019. Sebab, sebagian menteri ada yang berasal dari partat politk.

"Mereka juga ditugaskan partai untuk hal politik, salah satunya nyaleg. Saya kira wajar jika mereka ditugaskan nyaleg," ujar Jokowi seusai menghadiri acara di JCC, Senayan, Jakarta, Jumat (6/7/2018).

Jokowi kemudian mengklaim, hingga saat ini belum ada menteri di kabinet kerja yang menyampaiakan akan maju di Pileg 2019. Isu ini awalnya disampaikan Ketua Tim Ahli Wakil Presiden Sofjan Wanandi.

"Tapi sampai sekarang belum ada yang sampaikan ke saya. Ya dipersilahkan (kalau ada yang mau ikut Pileg)," kata Jokowi.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS