Pergi Haji, Banyak Anggota DPR yang Tak Dengar Pidato Jokowi

Pebriansyah Ariefana | Ria Rizki Nirmala Sari
Pergi Haji, Banyak Anggota DPR yang Tak Dengar Pidato Jokowi
P‎idato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-73 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2018 . [Suara.com/Muhaimin A Untung]

Apakah mereka akan kena sanksi?

Suara.com - Sidang Tahunan MPR, sidang bersama DPR-DPD dalam rangka HUT Kemerdekaan RI dan sidang paripurna RAPBN yang digelar di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Kamis (16/8/2018) usai digelar. Dalam acara tersebut terlihat banyak kursi anggota dewan yang kosong.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Bambang Soesatyo mengatakan penyebab banyaknya anggota dewan yang tidak hadir disebabkan sedang musim haji. Ia menerima laporan banyak anggota dewan yang sedang menunaikan ibadah haji. Bukan hanya pergi haji, ternyata masih ada beberapa anggota dewan yang masih sibuk dengan penugasan partainya masing-masing.

"Banyak laporan yang kami terima karena musimnya haji yah rata-rata pergi haji dan beberapa ada yang masih di daerah karena memang mendapat penugasan partai untuk kepentingan partai," kata Bamsoet di Gedung Nusantara III.

Soal sanksi, Bamsoet mengujarkan akan menyerahkan kepada fraksi masing-masing untuk memberikan sanksi seberat-beratnya kepada anggota dewan yang tidak hadir tanpa memberikan keterangan.

"Pasti kita serahkan pada fraksinya untuk memberikan sanksi yang sekeras-kerasnya dan seberat beratnya. Kita serahkan pada fraksi masing masing," pungkasnya.

Saat sidang RAPBN akan digelar, disebutkan dari 560 anggota dewan yang terdaftar, hanya 192 anggota dewan yang dinyatakan hadir.

Sidang Tahunan MPR, sidang bersama DPR-DPD dalam rangka HUT Kemerdekaan RI dan sidang paripurna RAPBN tersebut dihadiri oleh Presiden Joko Widodo beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla didampingi Ibu Negara Mufidah Jusuf Kalla.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS