Dituding Gencar Promosikan Meikarta, Begini Jawaban Ketum PAN

Bangun Santoso | Ria Rizki Nirmala Sari
Dituding Gencar Promosikan Meikarta, Begini Jawaban Ketum PAN
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan saat dicecar pertanyaan oleh wartawan usai diperiksa di gedung KPK, Jakarta, Selasa (18/9). ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Zulkifli Hasan mengakui memuji konsep pembangunan Meikarta yang kini tersangkut kasus suap di KPK

Suara.com - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan membantah apabila dirinya sempat mempromosikan proyek Meikarta pada 2017 silam. Ketua Umum PAN ini menyebut bahwa dirinya hanya meninjau proyek yang kini tersangkut kasus suap di KPK itu.

Bantahan politisi yang akrab disapa Zulhas ini menjawab pernyataan Sekjen PSI Raja Juli Antoni yang menyebut Zulkifli gencar mempromosikan Meikarta. Zulhas beralasan, ia meninjau proyek pembangunan Meikarta karena mendengar banyak kritikan soal pembangunan proyek yang berada di Kabupaten Bekasi itu belum mendapatkan izin.

"Saya nggak pernah promosikan. Saya datang. Dulu begini, waktu itu kan apakah Meikarta itu banyak masalah. Oleh karena itu saya melihat," kata Zulkifli di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Jumat (19/10/2018).

Kemudian Zulkifli menjelaskan, maksud kedatangannya pun bukan untuk meninjau dari segi hukumnya melainkan dari sisi konsep Meikarta itu sendiri. Zulkifli sempat memuji konsep dari pembangunan proyek Meikarta.

Namun, kini Zulkifli mengetahui adanya aksi suap di dalam proses pembangunan Meikarta dan melibatkan Bupati Bekasi Neneng Hasanah Yasin serta Direktur Operasional Lippo Grup Billy Sindoro bersama 9 tersangka lain. Ia pun meminta kasus tersebut segera dituntaskan oleh KPK.

"Bukan urusan saya soal perizinan hukum. Konsepnya itu bagus. Karena harganya murah. Kalau sekarang melanggar hukum ya disikat. Sikat habis," tegas Zulhas.

Untuk diketahui, Sekjen PSI Raja Juli Antoni tak terima saat mendengar Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan dikaitkan dengan kasus suap Meikarta.

Luhut dikaitkan dengan kasus suap Meikarta dikarenakan Luhut sempat menghadiri prosesi tutup atap atau toping off dua menara Meikarta milik Lippo Grup satu tahun lalu.

Menolak Luhut dikaitkan dengan kasus suap Meikarta, Raja Juli malah menyinggung Zulkifli Hasan yang menurutnya paling gencar mempromosikan Meikarta di awal masa pembangunannya.

Orang nomor satu di PAN itu memang sempat meninjau proyek Meikarta di kawasan Cikarang, Bekasi pada Sabtu (30/9/2018). Zulkifli sempat memuji pembangunan proyek properti Meikarta dengan konsep internasional namun tetap memperhatikan faktor lingkungan.

"Kita patut memberi apresiasi pada Meikarta. Saya telah keliling Indonesia, dan Meikarta ini termasuk memiliki konsep yang modern namun tetap berpijak pada lingkungan. Saya kira isu yang tidak baik bisa hilang jika kita langsung melihat Meikarta," kata Zulkifli Hasan saat meninjau proyek Meikarta.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS