Jokowi Peringati Hari Pahlawan di TMP Cikutra Bandung

Bangun Santoso | Dwi Bowo Raharjo
Jokowi Peringati Hari Pahlawan di TMP Cikutra Bandung
Presiden Joko Widodo atau Jokowi memperingati Hari Pahlawan di Taman Makam Pahlawan Cikutra, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (10/11/2018). (Suara.com/Dwi Bowo Raharjo)

Dua hari sebelumnya, Jokowi memberikan Gelar Pahlawan Nasional tahun 2018 kepada enam tokoh

Suara.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memperingati Hari Pahlawan di Taman Makam Pahlawan Cikutra, Bandung , Jawa Barat, Sabtu (10/11/2018). Jokowi bertindak sebagai inspektur upacara.

Dari pantauan Suara.com, Jokowi tiba di lokasi pukul 08.10 WIB. Kepala Negara mengenakan setelan jas berwarna biru, dasi merah dan peci hitam.

Acara diawali dengan penghormatan kepada arwah pahlawan, selanjutnya suara sirene terdengar beberapa menit sebagai momen mengenang perjuangan 10 November 1945 di Surabaya, Jawa Timur. Kemudian mengheningkan cipta yang dipimpin langsung oleh Jokowi.

"Untuk mengenang jasa pahlawan dan pejuang bangsa mengheningkan cipta dimulai," ucap Jokowi.

Setelah itu meletakkan karangan bunga sebagai tanda penghormatan di tugu monumen. Dilanjutkan pembacaan doa untuk mengenang jasa para pahlawan dan penghormatan terakhir kepada para pahlawan.

Setelah upacara, Jokowi beserta sejumlah pejabat negara berziarah ke beberapa makam pahlawan.

Selain itu Jokowi juga menabur bunga di persemayaman makam perintis kemerdekaan Abdoel Moeis, mantan Gubernur Jawa Barat Letjen TNI (Purn.) H Mashudi, Jenderal TNI (Purn.) Moch Yogie, Laksda Udara Noor Tanio, mantan Danlanud Margahayu Sulaiman, dan mantan Dubes RI untuk Arab Saudi Aang Kunaefi.

Sejunlah pejabat yang hadir diantaranya Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Wiranto, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Dua hari sebelumnya, Jokowi memberikan Gelar Pahlawan Nasional tahun 2018 kepada enam tokoh yang dinilai berjasa untuk Indonesia. Mereka adalah.

1. Alm. Abdurrahman Baswedan atau AR Baswedan, tokoh dari Provisni D. I. Yogyakarta.

2. Alm. Pangeran Mohammad Nur, tokoh dari Provisni Kalimantan Selatan. Alm. Agung Hajjah Andi Deppu, tokoh dari Provisni Sulawesi Barat.

4. Alm. Depati Amir, tokoh dari Provisni Bangka Belitung.

5. Alm. Tn. Kasman Singodimedjo, tokoh dari Provisni Jawa Tengah.

6. Alm. Brigjen K. H. Syam'un, tokoh dari Provisni Banten.

Pemberian gelar pahlawan nasional diberikan langsung oleh Jokowi kepada ahli waris pada Kamis (8/11/2018) di Istana Negara, Jakarta.

Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional Tahun 2018 ini berdasarkan Keputusan Preiaden nomor 123/TK/Tahun 2018 tentang penganugerahan pahlawan nasional. Keppres ini ditandangani Jokowi pada 6 November 2018.

Baca Juga
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS