Ilmuwan Prediksi Wilayah Jakarta Bakal Tenggelam Pada 2040

Bangun Santoso | Chyntia Sami Bhayangkara
Ilmuwan Prediksi Wilayah Jakarta Bakal Tenggelam Pada 2040
Ilustrasi genangan air di Jakarta. (suara.com/Bowo Raharjo)

Penurunan permukaan tanah di wilayah Jakarta sudah sangat mengkhawatirkan

Suara.com - Ilmuwan Prof. Wayan Suparta memprediksi seluruh wilayah Jakarta akan tenggelam oleh air laut pada 2040. Hal itu lantaran penurunan permukaan tanah di wilayah Jakarta sudah sangat mengkhawatirkan.

Wayan mengatakan, penyebab utama Jakarta tenggelam lantaran adanya penggunaan air bawah tanah secara berlebihan. Tak hanya itu, perubahan iklim cukup ekstrem pun menyebabkan permukaan air laut meningkat drastis. Sementara permukaan tanah di Jakarta terus mengalami penurunan.

"Menurut saya Jakarta akan tenggelam secara keseluruhan pada 2040. Semua wilayah Jakarta akan tenggelam," kata Wayan kepada Suara.com, Senin (26/11/2018).

Wayan menjelaskan, penggalian tanah untuk dijadikan sumur resapan sudah sangat meresahkan. Tanah terus digali oleh warga untuk diambil airnya sementara tidak ada lagi air yang meresap ke dalam tanah menggantikan cadangan tanah.

Sehingga, tanah pun mengalami amblas. Wayan menyebut, jenis tanah di wilayah Jakarta adalah tanah aluvial atau endapan yang sulit menyerap air hujan. Terlebih, saat ini hampir seluruh wilayah ibu kota sudah ditutupi beton atau bangunan sehingga air yang meresap ke dalam tanah sangat minim.

Tak hanya itu, ibu kota yang kekinian telah menghadapi musim penghujan pun harus meningkatkan kewaspadaan. Dengan kondisi tanah Jakarta yang tidak lagi mampu menyerap air, maka dapat dipastikan akan menimbulkan banjir besar di ibu kota.

"Nah, nggak usah jauh-jauh kalau sudah Desember-Januari hujan turun, di mana aliran air yang datang ke Jakarta tak mampu menyerap air hujan sehingga menyebabkan banjir. Ini juga harus diantisipasi," ujar Wayan.

Proses tenggelamnya Ibu Kota Jakarta pada 2040 akan didahului dengan tenggelamnya wilayah Jakarta Utara pada 2025. Prediksi Wayan ini senada dengan ramalan Calon Presiden Nomor Urut 02 Prabowo Subianto yang mengatakan, Jakarta akan tenggelam pada 2025.

Namun, Wayan memastikan pada 2025 hanya wilayah utara Jakarta saja yang tenggelam. Itupun, jika kecepatan penurunan tanah mencapai 20 hingga 25 sentimeter per tahun ditambah penggunaan air tanah yang berlebihan.

"Jadi dengan adanya perubahan iklim dan penggalian tanah, memang betul kemungkinan 2025 Jakarta akan tenggelam digenangi air," Wayan memungkasi.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS