Kali Item Dipenuhi Busa, Petugas: Akan Hilang Sendiri

Dwi Bowo Raharjo | Walda Marison
Kali Item Dipenuhi Busa, Petugas: Akan Hilang Sendiri
Suasana sebagian kali item yang dipenuhi busa di belakang Wisma Atlet, Jakarta Pusat, Selasa (1/1). [Suara.com/Fakhri Hermansyah]

Busa biasanya akan muncul jika mesin pompa digunakan untuk menyedot air yang ada di Sunter Selatan ke Kali Item.

Suara.com - Petugas operator Kali Sunter Selatan dari Badan Air DKI Jakarta Tian mengatakan tidak ada cara khusus untuk menghilangkan busa di kawasan kali Sentiong. Ia menyebut busa tersebut akan hilang dengan sendirinya setelah mesin pompa air dimatikan.

"Yang saya tahu busa akan hilang sendiri. Mungkin karena ketiup angin. Atau mungkin di bawa ke laut karena ini (kali Item) aliranya ke laut ya," kata Tian kepada Suara.com, Rabu (2/1/2019).

Kali yang biasa disebut Kali Item itu di belakang Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat, sempat membuat geger warga, khususnya warganet. Penyebabnya adalah munculnya busa berwarna putih yang menyelimuti sungai yang dikenal dengan baunya tersebut.

Menurutnya, munculnya busa di kali item sudah menjadi hal biasa. Busa biasanya akan muncul jika mesin pompa digunakan untuk menyedot air yang ada di Sunter Selatan ke Kali Item.

Ketua Satuan Pelaksana Unit Pelaksana Kerja Badan Air Jakarta Utara Lambas Sigalingging menambahkan, hal tersebut sudah sering terjadi apabila debit air Waduk Sunter Selatan 1 yang menjadi penampung air sudah melebihi kapasitas penampungan, sehingga harus disedot dan dialirkan ke Kali Sentiong.

Penyedotan air tersebut mengekibatkan muncul busa yang dihasilkan selama proses operasionalisasi pompa air. Busa tersebut menurutnya dalam kondisi tidak dapat terpecah oleh angin.

"Itu sama seperti yang terjadi di Kali BKT. Kalaupun ada angin dia tidak pecah. Kalau gerojokannya itu sudah kecil artinya limpahan air dari atas sudah berkurang, ya udah kembali normal," ujar dia.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS