Cegah Kali Item Berbusa, Pemprov DKI akan Bangun 10 IPAL Komunal

Bangun Santoso | Chyntia Sami Bhayangkara
Cegah Kali Item Berbusa, Pemprov DKI akan Bangun 10 IPAL Komunal
Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta, Teguh Hendarwan. (Suara.com/Chyntia Sami B)

Anggaran pembangunan 10 IPAL itu mencapai Rp 50 miliar

Suara.com - Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta akan membangun sebanyak 10 instalasi pengolahan air limbah (IPAL) Komunal di Kali Sentiong atau Kali Item, di Sunter, Jakarta Utara. Pemasangan IPAL bertujuan untuk mengurangi pencemaran detergen yang mengakibatkan busa.

Kepala Dinas Sumber Daya Air Teguh Hendarwan mengatakan, pembangunan IPAL komunal telah dimasukkan dalam anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) DKI Jakarta 2019. Rencananya, pembangunan IPAL ini akan menelan anggaran sebesar Rp 50 miliar.

"Di lokasi kali sentiong akan kita bangun 10 ipal komunal. Itu rencananya yang bangun dari PD Pal Jaya bekerjasama dengan kita Dinas Sumber Daya Air," kata Teguh saat dikonfirmasi, Kamis (3/1/2019).

Teguh menjelaskan, penyebab Kali Item seringkali menimbulkan bau menyengat hingga mengeluarkan busa atau buih lantaran tidak adanya pengolahan limbah yang masuk ke dalam kali. Hasil limbah rumah tangga warga langsung masuk ke dalam kali tanpa filter terlebih dahulu sehingga menyebabkan kali tercemar polutan.

"Harusnya dibangun IPAL komunal, ada filterisasi, sehingga ketika limbah rumah warga yang masuk ke kali itu steril, sudah clean (bersih) gitu," Teguh menjelaskan.

Saat ini, Dinas Sumber Daya Air sudah mulai melakukan lelang proyek di awal tahun anggaran agar pembangunan IPAL komunal dapat segera terealisasi.

"Kita sudah alokasikan anggaran 2019 sebesar Rp 50 miliar. Ini dalam proses lelang supaya tahapan proses lelang bisa cepat terealisasi," imbuh Teguh.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS