Anies Akan Batasi Pemakaian Detergen Keras, Warga Dekat Kali Item Bingung

Dwi Bowo Raharjo | Walda Marison
Anies Akan Batasi Pemakaian Detergen Keras, Warga Dekat Kali Item Bingung
Warga menyaksikan munculnya busa di Kali Item, Selasa (1/1/2019). (Suara.com/Fakhri Hermansyah)

"Harusnya kasih solusi ke kita buangnya harus kemana."

Suara.com - Lilik, seorang ibu rumah tangga mengaku heran jika penggunaan detergen harus dikurangi di Ibu Kota. Perempuan 35 tahun ini khawatir aktivitas rumah tangga yang dilakukanya akan terhambat jika pengunaan detergen dibatasi.

Warga yang tinggal di kawasan kelurahan Sunter Jaya, tak jauh dari Kali Item, Jakarta, ini mengaku hampir semua kegiatan bersih-bersih rumah menggunakan bahan detergen.

"Gimana caranya (kalau) nggak boleh makai detergen? Cuci baju pakai sabun colek sedikit saja ada busanya. Masa kita nanti mau bersih bersih pakai air doang?," ujar Lilik saat berbincang di kediamannya, Kamis (3/1/2018).

Menurutnya, pengurangan pemakaian detergen yang di canangkan Pemprov DKI belum tentu bisa mengurangi limbah atau busa di kali Item. Sebab, warga setempat dinilai masih sering membuang sampah pelastik dan limbah langsung ke kali item.

"Saya juga kadang kesel lihat orang seenaknya saja buang sampah ke kali. Apalagi kalau malam minggu suka banyak anak muda nongkrong. Nah sampah pelasti sama putung rokok suka dibuang kedalam kali," tururnya.

Menurut Lilik, pemerintah harus bisa memberi alternatif lain untuk pembuangan limbah rumahan. Ia menilai belum ada solusi dari Pemprov DKI agar warga tidak membuang limbah ke kali Item.

"Harusnya kasih solusi ke kita buangnya harus kemana. Pemerintah harus bikin jalurnya kemana. Jangan malah salahkan warga sendiri," bebernya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengatakan, penyebab Kali Item berbusa lantaran banyaknya limbah rumah tangga berasal dari detergen yang dibuang ke kali itu.

Solusi agar Kali Item tidak lagi tercemar limbah detergen dengan mengendalikan penggunaan detergen keras yang kerap digunakan oleh warga Jakarta.

"Ketika air dari Danau Sunter itu di pompa dan dimasukkan ke Kali Item, maka limbah sisa detergen seperti diaduk dan keluar buih (busa) yang amat banyak. Dan itu memang airnya mengandung kadar detergen yang sangat tinggi," kata Anies saat ditemui di Sunter Jaya, Jakarta Utara, Rabu (2/1/2019).

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS