facebook

Gara-gara Warga Bakar Sampah, 16 Kios di Penjaringan Hangus

Agung Sandy Lesmana | Yosea Arga Pramudita
Gara-gara Warga Bakar Sampah, 16 Kios di Penjaringan Hangus
Ilustrasi kebakaran. (Shutterstock)

Faktor lain yang menjadi penyebab api cepat menjalar bangunan karena cuaca yang panas

Suara.com - Peristiwa kebakaran terjadi di Pasar Epiles, Penjaringan, Jakarta Utara, Senin (7/1/2019). Kebakaran yang terjadi pada pukul 13.00 WIB itu mengakibatka sebanyak 16 kios hangus.

Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu, Satriadi Gunawan mengatakan, kebakaran itu diduga akibat warga yang membakar sampah di lokasi tersebut. Faktor lain yang menjadi penyebab api cepat menjalar bangunan karena cuaca yang panas

"Begitu mendapat informasi kebakaran, tim langsung terjun ke lokasi 10 menit kemudian. Proses pendinginan sudah dilakukan, saat ini situasi aman terkendali," katanya saat dikonfirmasi wartawan.

Sebanyak 12 unit diterjunkan guna menjinakkan si jago merah. Enam unit mobil didatangkan dari Jakarta Utara, sementara 6 lainnya dari Jakarta Barat. Satriadi menyebut, puluhan personel petugas pun dikerahkan untuk mengevakuasi seluruh ruko yang terbakar.

Baca Juga: KPU Batalkan Penyampaian Visi - Misi, BPN: Kemunduran Kualitas Demokrasi

Satriadi menjelaskan, kawasan terjadinya kebakaran memakan area lebar 25 meter dan panjang 10 meter. Dia juga memastikan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut. Hanya saja, kerugian Ditaksir mencapai sekitar Rp 500 juta lebih.

"Tidak ada korban jiwa. Kerugian mencapai 500 juta lebih. Kami masih menyelidiki penyebabnya. Akan tetapi, dugaan kuat api berasal dari bakaran sampah di dekat lokasi," pungkasnya.