Bantah Kubu Jokowi, Jubir BPN: Prabowo Berani Debat Pakai Tiga Bahasa

Dwi Bowo Raharjo | Ria Rizki Nirmala Sari
Bantah Kubu Jokowi, Jubir BPN: Prabowo Berani Debat Pakai Tiga Bahasa
Capres Nomor Urut 02 Prabowo Subianto memberikan pidato politiknya pada acara Pembekalan Relawan Pasangan Capres-Cawapres Nomor Urut 02 Prabowo-Sandi di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (22/11/2018). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

"Makanya, ketika ada agenda visi misi sebelum debat, beliau keberatan menggunakan "stuntman" yakni Timses."

Suara.com - Koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto - Sandiaga Uno, Dahnil Anzar Simanjuntak menganggap Prabowo bukan sosok yang takut menghadapi debat Capres dan Cawapres di Pemilu 2019. Dahnil mengatakan Ketua Umum Partai Gerindra itu siap apabila diajak berdebat dengan berbagai bahasa selain bahasa Indonesia.

Hal itu diyakini Dahnil setelah mengetahui keberatan Prabowo mengetahui agenda penyampaian visi dan misi yang sedianya dijadwalkan 9 Januari, namun dibatalkan KPU.

"Bagaimana bisa Mas @prabowo takut berdebat, wong disetiap forum beliau langsung berhadapan, dengan berbagai pertanyaan pun demikian bila menggunakan bahasa Inggris, Perancis, Jerman. Makanya, ketika ada agenda visi misi sebelum debat, beliau keberatan menggunakan "stuntman" yakni Timses," tulis Dahnil dalam akun Twitter pribadinya @Dahnilanzar pada Selasa (8/1/2018).

Pernyataan Dahnil sekaligus membantah ucapan juru debat Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo atau Jokowi - Maruf Amin, Arya Sinulingga. Politikus Partai Perindo itu sebelumnya menyebut Capres - Cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto - Sandiaga Uno takut debat Pemilihan Presiden 2019.

Dahnil mempertanyakan keberanian Arya menyampaikan hal tersebut, padahal kata dia, Arya tidak hadir dalam rapat bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Selain itu, Arya sempat mengungkapkan isi rapat kedua timses masing-masing paslon dengan pimpinan KPU beberapa waktu lalu. Arya menyebut ada keengganan dari kubu Prabowo - Sandiaga dalam menghadapi debat Capres - Cawapres.

Menanggapi hal tersebut, Dahnil justru heran dengan ucapan Arya. Pasalnya, sepengetahuan Dahnil tidak ada keterlibatan Arya dalam rapat KPU itu.

"Bung Arya Sinulingga yang menyatakan Prabowo Sandi tidak mau berdebat justru tidak pernah hadir dalam pertemuan-pertemuan di KPU RI. Jadi kok bisa pernyataan tersebut muncul," pungkasnya.

Untuk diketahui, Arya Sinulingga tidak terima terkait isu yang menyebut Jokowi - Maruf Amin takut menghadapi debat. Berbanding terbalik, Arya justru menyebut kalau Prabowo - Sandiaga lah yang takut berdebat.

"Kami sampaikan justru pihak 02 yang takut debat. Debat itu artinya ada dua arah, perdebatan, mereka maunya hanya satu arah, (pembacaan) visi-misi," kata Arya di Posko Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (7/1/2019).

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS