Karya Anak Megawati, Komik Soekarno Diluncurkan Saat HUT PDIP

Agung Sandy Lesmana | Muhammad Yasir
Karya Anak Megawati, Komik Soekarno Diluncurkan Saat HUT PDIP
Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. (Suara.com/ Umay Saleh)

Menurutnya, peluncuran komik Soekarno merupakan bagian dari upaya PDIP dalam mengenang sejarah bangsa terutama kisah para pendiri bangsa.

Suara.com - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akan meluncurkan sebuah komik berisi kisah hidup Soekarno. Komik itu akan dibagikan pertama kali saat perayaan puncak Hari Ulang Tahun (HUT) PDIP ke-46 di Kemayoran, Jakarta Pusat pada 10 Januari 2019.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto, menuturkan komik tersebut merupakan hasil karya M. Prananda Prabowo yang merupakan putra kedua Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Kami luncurkan karya soal sejarah Bung Karno, dibuat dalam bentuk komik. Ini dari Mas Prananda Prabowo," kata Hasto di Jakarta, Selasa (8/1/2019).

Menurutnya, peluncuran komik Soekarno merupakan bagian dari upaya PDIP dalam mengenang sejarah bangsa terutama kisah para pendiri bangsa. Hal itu, kata Hasto demi menggelorakan semangat persatuan dan kesatuan bangsa yang dijiwai oleh nilai-nilai kebangsaan.

"Sehingga berbagai upaya untuk menggelorakan semangat, rasa cinta tanah air itu, betul-betul kami gelorakan bersama dengan baik," imbuhnya.

Hasto mengungkapkan judul komik tersebut yakni, 'Bung Karno Bapak Bangsa’ terdiri dari 36 halaman. Isinya menampilkan kisah hidup Bung Karno sejak kelahirannya, hingga diangkat menjadi Presiden Pertama RI dalam sidang Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) yang digelar pada 18 Agustus 1945.

"Cerita dalam komik itu diawali dengan gambar tentang Surabaya yang menjadi kota kelahiran Soekarno pada masa kolonial. Di kota pelabuhan itulah kedua orang tua Soekarno bermukim setelah hijrah dari Bali," pungkasnya.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS