Alasan Tes Baca Al Quran ke Capres - Cawapres: Ukhuwah Islamiyah Bobrok

Pebriansyah Ariefana
Alasan Tes Baca Al Quran ke Capres - Cawapres: Ukhuwah Islamiyah Bobrok
Ketua Ikatan Dai Aceh (IDA) TGK Marsyuddin Ishak. (Suara.com/Ria Rizki)

IDA berharap tes baca Al Quran dapat meredam pertikaian akibat politik identitas di Pilpres 2019.

Suara.com - Ikatan Dai Aceh (IDA) mengungkapkan usulan tes baca Al Quran kepada calon presiden dan calon wakil presiden di Pilpres 2019 ialah sebagai upaya untuk melawan politik identitas agama. IDA berharap tes baca Al Quran dapat meredam pertikaian akibat politik identitas di Pilpres 2019.

Ketua IDA, TGK Marsyuddin Ishak menuturkan sebelum adanya usulan tes baca Al Quran sebagai masyarakat dirinya melihat bahwasanya politik identitas sedang dijalankan di kontestasi Pilpres 2019. Bahkan, dirinya menilai Ukhuwah Islamiyah atau persaudaraan antar umat seakan-akan sudah hancur akibat Pilpres 2019.

"Kami masyarakat kalangan bawah, kalangan akar rumput, melihat bagaimana Ukhuwah Islamiyah yang sudah bobrok di lapangan, sampai saling mengkafirkan, menganggap diri paling Islam. Malah sering saya dengar, ada salah satu statment akan masuk surga apabila memilih si anu, masuk neraka apabila milih si anu," tutur Marsyuddin di Posko Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (14/1/2019).

Berkenaan dengan itu, kata Marsyuddin maka IDA mengusulkan adanya tes baca Al Quran kepada capres dan cawapres. Menurut, Marsyuddin diharapkan hasil tes membaca Alquran ini nantinya akan menjadi salah satu gambaran untuk menilai realitas keislaman kedua pasangan calon secara objektif.

"Karena itu, maka muncul inisiatif dari kami bahwa ayo kita bikin tes baca Al Quran bagi kedua paslon biar kita tahu mampu atau tidak kan begitu. Mungkin dari Aceh inilah yang bisa kami beri untuk meredam pertikaian, meredam saling klaim, saling mengkafirkan," imbuhnya.

Sebagaimana diketahui, perwakilan Ikatan Dai Aceh (IDA) telah menyambangi Posko Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto - Sandiaga Uno dan Posko Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi - Maruf Amin pada hari ini Senin (14/1/2019) untuk meminta tanggapanya terkait permintaan tes baca Al-Quarn yang diajukan kepada kedua paslon Capres-Cawapres di Pilpres 2019. Hanya saja, kekinian baru kubu TKN Jokowi - Maruf Amin yang menyatakan kesiapannya untuk memenuhi permintaan tersebut.

"Hari ini akan kami kirimkan jawaban suratnya secara tertulis dari TKN dengan isi dan substansinya adalah kami siap bersedia untuk mengikuti tes baca Al Quran yang diinisasi oleh ikatan DAI Aceh," kata Wakil Direktur TKN Jokowi - Maruf Amin, Lukman Edy di Posko Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (14/1/2019).

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS