Cawagub DKI Akan Mengerucut Menjadi Dua Nama, Siapa yang Tersingkir?

Dwi Bowo Raharjo | Stephanus Aranditio
Cawagub DKI Akan Mengerucut Menjadi Dua Nama, Siapa yang Tersingkir?
Ketua DPW PKS DKI Jakarta Syakir Purnomo. (Suara.com/Chyntia Sami)

"Dengan tes ini akan didapatkan diantara kader terbaik yang paling baik untuk Jakarta."

Suara.com - Tiga calon wakil gubernur DKI Jakarta yang diusulkan Partai Keadilan Sejahtera ( PKS ) tengah menjalani fit and proper test dari tim panelis PKS dan Gerindra. Ketiganya adalah Agung Yulianto, Ahmad Syaikhu, dan Abdurrahman Suhaimi.

Ketua DPW PKS Syakir Purnomo mengatakan tes kelayakan ini penting dilakukan dan sesuai keputusan dari rapat bersama antara PKS dan Gerindra pada 5 November 2018 lalu. Hasil dari tes ini akan mengurucutkan ke dua nama cawagub DKI .

"Kami menghargai kesepakatan PKS dan Gerindra pada rapat bersama tanggal 5 November 2018, itu disepakati bahwa akan dilaksanakan fit and proper test," kata Syakir di Hotel Aryaduta, Jakarta, Rabu (23/1/2019).

Syakir berharap tim panelis bisa memilih dua nama terbaik untuk menjadi bahan rekomendasi kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Dengan tes ini akan didapatkan diantara kader terbaik yang paling baik untuk Jakarta, jadi ini penting, kita serius menangani, InsyaAllah, kita juga sudah memahamilah siapa beliau-beliau," jelas Syakir.

Untuk diketahui, tim panelis terdiri dari 4 orang. Mereka akan menguji kualitas integritas dan rekam jejak ketiga cawagub DKI pengganti Sandiaga Uno.

Salah satu panelis yang juga Wakil Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta Syarief mengatakan tim panelis akan melakukan tes dengan metode kualitatif lewat wawancara, tanya pendapat masyarakat dan diskusi dengan Anies Baswedan.

"Penilaian tidak ada skor tapi bersifat kualitatif, nanti diserahkan kepada partai, partai akan memutuskan, dari 3 nama ini, 2 yang mana, tidak ada yang gagal, panelis tidak akan mengatakan gagal atau lolos dan tidak lolos, yang mengatakan pimpinan partai setelah mendapat bahan dari panelis. Bisa nanti ada strong recommended dan minor recommended," jelas Syarief.

Ketiga cawagub akan diuji oleh empat panelis, yakni Eko Prasojo (Mantan Wakil Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi), Ubedillah Badrun (Dosen UNJ), Siti Zuhro (Peneliti Senior LIPI) dan Syarief (Wakil Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta).

Tim panelis menargetkan proses tes kelayakan ini akan rampung pada 11 Februari 2019, hasil dari tes ini akan diserahkan ke Gubernur Anies Baswedan dan DPRD DKI Jakarta sebagai bahan pertimbangan.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS