Disoal TKN Jokowi, Ini Kata Pemred Indopos soal Grafis Ahok Gantikan Ma'ruf

Reza Gunadha | Stephanus Aranditio
Disoal TKN Jokowi, Ini Kata Pemred Indopos soal Grafis Ahok Gantikan Ma'ruf
[Surat kabar Indopos]

Juni menegaskan siap melakukan klarifikasi mengenai pemberitaan itu kepada TKN Jokowi Maruf Amin dan Dewan Pers.

Suara.com - Pemimpin Redaksi surat kabar harian Indopos Juni Armanto angkat bicara, setelah dilaporkan Tim Kampanye Nasional Jokowi – Maruf Amin kepada Dewan Pers atas tuduhan menyebarkan informasi hoaks.

Informasi hoaks yang dimaksud ialah foto ilustrasi dalam surat kabar Indopos berudul "Ahok Gantikan Ma'ruf Amin?"

Juni menjabarkan, awalnya, berita tersebut diadopsi dari grafis yang tersebar di media sosial. Wartawan Indopos kemudian membuat artikel dari grafis tersebut, dengan melakukan konfirmasi terlebih dahulu kepada pihak TKN.

Wartawan Indopos mengonfirmasi grafis viral tersebut kepada Juru Bicara TKN Ace Hasan Syadzily, Politikus PDIP Eva Kusuma Sundari, Kepala Bidang Advokasi DPP Partai Gerindra Habiburokhman, dan pengamat politik Sahid Salahuddin.

 "Terkait pemberitaan itu, sebenarnya karena sebelumnya sudah viral di medsos grafis itu. kemudian kami jadikan artikel dengan menghubungi pihak TKN melalui Pak Ace dan isinya membantah," kata Juni Armanto saat dihubungi Suara.com, Jumat (15/2/2019).

Karena telah dilaporkan, Juni menegaskan siap melakukan klarifikasi mengenai pemberitaan itu kepada TKN Jokowi – Maruf Amin dan Dewan Pers.

"Pada dasarnya Indopos membuka pintu selebar-lebarnya kepada TKN untuk klarifikasi. Sebelumnya saya sudah komunikasi baik dengan pihak TKN melalui Timnya Pak Erick Thohir, Ibu Ratna," jelasnya.

Sebelumnya, pemberitaan di halaman nasional harian Indopos tanggal 13 Februari 2019 menulis berita berjudul, "Ahok Gantikan Ma'ruf Amin?" dipermasalahkan oleh TKN.

Sebab, dalam berita tersebut juga terdapat infografis skema pergantian Maruf Amin dengan mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Presiden Jokowi juga digambarkan akan digantikan oleh Ahok dan posisi wapres akan diisi oleh Ketua Umum Partai Perindo Hari Tanoesoedibjo.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS