Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Heboh Siswa SD Sembunyi di Kolong Meja Saat Bertemu Jokowi

Bangun Santoso
CEK FAKTA: Heboh Siswa SD Sembunyi di Kolong Meja Saat Bertemu Jokowi
Presiden Joko Widodo atau Jokowi. (Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jelang Pilpres 2019, jagat media sosial dipenuhi berbagai unggahan baik foto maupun video yang perlu dicek kebenarannya

Suara.com - Jagat media sosial selalu saja ramai dengan berbagai postingan yang patut dicermati kebenarannya. Apalagi mendekati gelaran Pilpres 2019. Salah satunya adalah sebuah postingan di salah satu akun Facebook bernama Niki Ramzan.

Dalam akun Facebook itu, diunggah sebuah poto dengan narasi:

"Naluri Anak Kecil Itu Tajam Boooss……..
Saat Didatangi Manusia Yang Berbau Antagonis Pasti Menghindar dan Menjauh.
Anak Kecil Itu Otomatis Tau Mana Yang Baik dan Jahat.
Mereka Tau Sedang Berhadapan Dengan Sosok Yang Akan Menghancurkan Masa Depan Mereka Nantinya.
#SalamWaras
#17AprilPrabowoSandi"

Foto itu diunggah pada 20 Februari 2019, menuai 319 like, 122 komentar dan 22 kali dibagikan saat tangkapan layar diambil.

Cek Fakta: Siswa SD sembunyi di kolong meja saat bertemu Jokowi. (Facebook)
Cek Fakta: Siswa SD sembunyi di kolong meja saat bertemu Jokowi. (Facebook)

Lantas, benarkah anak-anak siswa SD bersembunyi di kolong meja saat bertemu Jokowi? Atau malah foto tersebut adalah konten editan yang diberikan narasi sedemikian rupa.

Penjelasan:

Dari hasil penelusuran, ditemukan bahwa klaim di narasi sumber tersebut tidaklah sesuai. Siswa SD yang terlihat sedang bersembunyi di kolong meja tersebut adalah siswa SD Negeri Panimbang Jaya 1, Kabupaten Pandeglang, Banten yang sedang melakukan simulasi tanggap bencana gempa.

Di akun terverifikasi milik Sekretariat Kabinet ( instagram.com/sekretariat.kabinet ) dituliskan keterangan sebagai berikut:

Presiden Joko Widodo meninjau sosialisasi program Tagana Masuk Sekolah di SD Negeri Panimbang Jaya 1, dan memimpin Apel Siaga Bencana di Lapangan Cikadu Indah, Desa Tanjung Jaya, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Banten, Senin (18/2) pagi,".

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS