Libur Nyepi, Penumpang Kereta Api di Jember Naik

Chandra Iswinarno
Libur Nyepi, Penumpang Kereta Api di Jember Naik
Calon penumpang antre membeli tiket kereta api di loket Stasiun Gambir, Jakarta, Senin (13/4).

Untuk KA jarak jauh dan menengah peningkatan okupansi penumpang rata-rata 80-90 persen karena sebagian besar warga memilih bepergian kereta api selama libur Nyepi.

Suara.com - Selama libur Hari Raya Nyepi, PT Kereta Api Daop 9 Jember mencatat adanya peningkatan jumlah penumpang moda transportasi tersebut di sejumlah stasiun yang ada di wilayah tersebut.

Peningkatan jumlah penumpang dirasakan hingga 90 persen dari total tempat duduk yang tersedia.

"Rata-rata okupansi penumpang kereta di sejumlah rangkaian KA saat ini berkisar 80-90 persen dari total tempat duduk yang tersedia, sedangkan pada hari normal biasanya keterisian penumpang 60-70 persen," kata Manajer Humas KAI Daop 9 Luqman Arif, Kamis (7/3/2019).

Luqman menyebut tiket KA Probowangi jurusan Banyuwangi-Surabaya terjual habis untuk keberangkatan sejak 3 Maret hingga 7 Maret 2019.

Sedangkan, tiket kereta lokal yakni KA Pandanwangi jurusan Jember-Banyuwangi pulang pergi juga meningkat selama libur Nyepi.

"Hari ini penumpang KA Pandanwangi yang berangkat dari Stasiun Jember pada pukul 05.15 WIB mengalami peningkatan yakni sebanyak 90 persen dari total kapasitas 954 penumpang," tuturnya.

Menurutnya, kapasitas tempat duduk KA Pandanwangi sebanyak 636 kursi dan 318 tiket tanpa tempat duduk atau 50 persen dari kapasitas tempat duduk, sehingga totalnya sebanyak 954 tiket KA Pandanwangi yang tersedia sudah terjual sebanyak 90 persen.

"Biasanya saat hari kerja jumlah penumpang kereta lokal baik dari Jember menuju Banyuwangi maupun sebaliknya berkisar rata-rata 60-70 persen dari tempat duduk, sehingga ada peningkatan yang signifikan untuk KA Pandanwangi selama libur Hari Raya Nyepi," katanya.

Untuk KA jarak jauh dan menengah, lanjut Luqman, peningkatan okupansi penumpang rata-rata 80-90 persen karena sebagian besar warga memilih bepergian kereta api selama libur Nyepi.

"Secara keseluruhan terjadi peningkatan sekitar 5-10 persen untuk okupansi penumpang kereta api di wilayah Daop 9 Jember sepanjang Pasuruan hingga Banyuwangi," ujarnya. [Antara]

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS