Survei Konsepindo Sebut Prabowo - Sandiaga Unggul di Kalangan Terpelajar

Chandra Iswinarno | Ria Rizki Nirmala Sari
Survei Konsepindo Sebut Prabowo - Sandiaga Unggul di Kalangan Terpelajar
Pemaparan hasil survei yang dilakukan lembaga Konsepindo di Millennium Hotel, Jakarta Pusat, Rabu (13/3/2019). [Suara.com/Ria Rizki]

Meski menang di survei kalangan terpelajar, namun dari kalangan yang berlatar belakang pendidikan tidak lulus SD, elektabilitasnya tetap unggul Jokowi - Maruf.

Suara.com - Calon Presiden dan Wakil Presiden (Capres dan cawapres) nomor urut 02, Prabowo Subianto - Sandiaga Uno menjadi pilihan utama di kalangan terpelajar dibandingkan Joko Widodo - Maruf Amin.

Dari hasil survei yang dilakukan Lembaga survei Konsep Indonesia (Konsepindo Research and Consulting) dengan responden pemilih yang pernah kuliah, pemilih pasangan Prabowo - Sandiaga memiliki presentase tertinggi, yakni sebanyak 42,1 persen.

Jumlah tersebut lebih tinggi dibandingkan Jokowi - Maruf Amin yang hanya 35,8 persen dan yang memilih tidak menjawab atau tidak tahu sebanyak 22,1 persen.

"Jadi banyak sarjana itu memilih pak Prabowo - Sandiaga," kata Direktur Eksekutif Konsepindo Veri Muhlis Afiruzzaman di Millennium Hotel, Jakarta Pusat, Rabu (13/3/2019).

Meski menang di survei kalangan terpelajar, namun dari kalangan yang berlatar belakang pendidikan tidak lulus sekolah dasar (SD), elektabilitasnya tetap unggul Jokowi - Maruf dengan presentase 54,8 persen. Sedangkan 21,9 persen lainnya memilih Prabowo - Sandiaga dan yang tidak menjawab sebanyak 23,3 persen.

Keunggulan tersebut juga berlaku untuk pemilih yang tamat SD atau sederajat, dari survei Konsepindo menunjukan pemilih Jokowi - Maruf Amin sebanyak 54 persen dan Prabowo - Sandiaga dipilih oleh 32,8 persen.

Kemudian untuk pemilih yang tamat SMP atau sederajat, Jokowi - Maruf Amin lagi-lagi unggul dengan 55,9 persen pemilih, sedangkan Prabowo - Sandiaga hanya 29,7 persen dan yang tidak menjawab atau tidak tahu sebesar 19,1 persen.

Survei tersebut dilakukan Konsepindo sejak 17 hingga 24 Februari 2019 di 34 provinsi di Indonesia dengan 1.200 responden. Sedangkan untuk tingkat margin of error survei, di atas kurang lebih 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS