Agum Gumelar Tahu Lokasi Aktivis 98 Dibuang, BPN: Selama Ini Kemana Saja?

Dwi Bowo Raharjo | Novian Ardiansyah
Agum Gumelar Tahu Lokasi Aktivis 98 Dibuang, BPN: Selama Ini Kemana Saja?
Juru Bicara BPN Prabowo - Sandiaga, Ferry Juliantono. (Suara.com/Novian Ardiansyah)

Ferry mengatakan, saat ini BPN sedang fokus pada persiapan debat ketiga untuk cawapres Sandiaga Uno menghadapi Maruf Amin.

Suara.com - Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto - Sandiaga Uno tak mau berkomentar banyak terkait pernyataan Agum Gumelar soal lokasi korban Mei 1998 yang dibunuh dan dibuang.

Juru Bicara BPN Prabowo - Sandiaga, Ferry Juliantono menganggap persoalan yang dikemukaan Agum terlambat jauh dari waktu kejadian.

"Sekarang sudah tahun 2019 masa baru, selama ini ke mana saja Pak Agum," ujar Ferry di Seknas Prabowo - Sandiaga, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (12/3/2019).

Ferry mengatakan, saat ini BPN sedang fokus pada persiapan debat ketiga untuk cawapres Sandiaga Uno menghadapi Maruf Amin. Ia tidak mempermasalahkan lebih jauh terkait pernyataan Agum Gumelar.

"Kami tetep mau berkonsentrasi fokus pada isu soal ekonomi penyediaan lapangan pekerjaan, penyediaan harga-harga yang terjangkau. Silakan Pak Agum kalau masih bahas soal itu, maksud saya masa selama ini ke mana saja Pak Agum?," jelas Ferry.

Ketua Pepabri, Letjen TNI Purn Agum Gumelar. [Suara.com/Erick Tanjung]
Ketua Pepabri, Letjen TNI Purn Agum Gumelar. [Suara.com/Erick Tanjung]

Sebelumnya, Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Agum Gumelar mengklaim mengetahui secara persis sejumlah aktivis 98 yang dibunuh dan dibuang oleh Tim Mawar saat kerusuhan pada 1998.

Tim Mawar adalah sebuah tim kecil dari kesatuan Komando Pasukan Khusus Grup IV, Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat. Tim ini disebut sebagai dalang dalam operasi penculikan para aktivis politik pro-demokrasi

Agum Gumelar menyebut jika Tim Mawar bertugas melakukan eksekusi. Hal itu diungkapkan oleh Agum dalam sebuah diskusi.

Salah seorang audiens mengabadikan momen Agum Gumelar yang bercerita dengan rinci proses penculikan aktivis 98 dan diunggah di akun Facebook KataKita. Saat itu, Agum Gumelar menjadi salah satu anggota Dewan Kehormatan Perwira (DKP) yang bertugas melakukan investigasi kasus penculikan aktivis.

“Tim mawar yang melakukan penculikan itu anak buah saya semua itu. Saya juga pendekatan hati ke hati diluar pekerjaan DKP. Kemudian ketika dari hati ke hati di sinilah saya tahu matinya orang-orang, dibuangnya di mana saya tahu,” kata Agum Gumelar seperti dikutip Suara.com, Senin (11/3/2019).

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS