Rapat Penentuan Besaran Tarif MRT Molor

Iwan Supriyatna | Stephanus Aranditio
Rapat Penentuan Besaran Tarif MRT Molor
Rapat penentuan besaran tarif MRT oleh DPRD DKI Jakarta. (Suara.com/Stephanus)

Dalam rapat tersebut rencananya tarif MRT akan disesuaikan per stasiun.

Suara.com - DPRD DKI Jakarta akan menetapkan tarif Moda Raya Terpadu (MRT) pada Senin (25/3/2019) hari ini, sedianya dua rapat akan digelar di Gedung Parlemen Kebon Sirih. Dalam rapat tersebut rencananya tarif MRT akan disesuaikan per stasiun.

Rapat pertama adalah rapat gabungan pembahasan akhir antara komisi C dan B dengan Dinas Perhubungan dan PT LRT dan PT MRT. Dilanjutkan dengan Rapat Pimpinan Gabungan yang dihadiri pimpinan DPRD DKI.

Berdasarkan keterangan yang diterima Suara.com, rapat pertama akan digelar pada pukul 10.00 WIB dan dilanjutkan Rapimgab pada pukul 13.00 WIB.

"Penyampaian laporan hasil pembahasan Komisi B dan Komisi C DPRD Provinsi DKI Jakarta terhadap Surat Gubernur Provinsi DKI Jakarta nomor 178/-1.811.3 tanggal 25 Februari 2019 tentang tarif MRT dan LRT, dilanjutkan persetujuan tarif MRT dan LRT," tulis keterangan acara yang diterima Suara.com, Senin (25/3/2019).

Namun hingga pukul 11.30 WIB rapat pertama belum juga dimulai, di ruang rapat serbaguna lantai 3 DPRD DKI sudah terlihat Ketua Komisi B DPRD DKI Abdurrahman Suhaimi, Plt. Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sigit Widjatmoko sudah hadir di dalam ruang rapat bersama dengan pihak PT MRT dan LRT.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membocorkan tarif MRT sudah masuk tahap final karena tinggal ketok palu saja. Dia menyebut tarif tidak flat atau dipatok sama, lantaran besaran tarif disesuaikan perjalanan stasiun.

"Tarif itu bukan tarif flat. Jadi ada yang di bawah Rp 10 ribu ada yang di atas Rp 10 ribu tergantung Anda dari mana mau kemana. Jadi ini bagian dari kebiasaan baru, kita kebiasaannya tarifnya flat, kalau ini tarifnya berdasarkan stasiun, anda naik dari stasiun mana turun di stasiun mana itu nanti beda-beda," ujarnya saat peresmian MRT di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (24/3/2019).

Anies menuturkan, formula tarif tersebut telah disetujui oleh beberapa pihak termasuk DPRD DKI Jakarta. Hanya saja formula tersebut, menunggu diketok oleh DPRD DKI Jakarta.

"Kenapa saya tidak diberitahu sekarang, meskipun nanti disepakati, tapi belum di getok, kesepakatannya sudah nanti digetoknya hari senin. Ada etikanya, ya diumumkan sesudah ditetapkan. Jadi saya ada di kantong saya ada sekarang tarifnya ada dari setiap stasiun ada, tapi saya ingin jaga etikanya diumumkannya hari Senin," ucap dia.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS