Babak Baru Prostitusi Online Vanessa Angel, 2 Mucikari Mulai Diadili

Pebriansyah Ariefana
Babak Baru Prostitusi Online Vanessa Angel, 2 Mucikari Mulai Diadili
Sidang mucikari Vanessa Angel. (Suara.com/Achmad Ali)

Sidang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, di Ruang Garuda.

Suara.com - Sidang perdana kasus prostitusi online Vanessa Angel dengan terdakwa dua mucikari Vanessa Angel, Tentri (TN) dan Endang Siska (ES) dimulai hari ini, Senin (25/3/2019). Sidang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, di Ruang Garuda.

Dua mucikari prostitusi daring penjual Vanessa Angel didakwa atas dugaan pelanggaran Pasal 45 ayat (1) Jo Pasal 27 ayat 1 UU RI No. 19 tahun 2016 tentang Perubahan atas UU RI No. 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi elektronik Jo. Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Kuasa hukum ES, Franky Waruwu saat dikonfirmasi membenarkan jadwal sidang atas kliennya.

Terpisah, Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasipenkum) Kejati Jatim, Richard Marpaung menjelaskan, dalam persidangan ini ada 4 Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang akan membacakan dakwaan yakni Sri Rahayu, Nur Laila, Farida Hariani, dan Novan Arianto. Untuk memperkuat dakwaan, JPU telah menyiapkan barang bukti berupa telepon genggam, buku tabungan, kartu ATM, dan tiket pesawat dari Jakarta ke Surabaya.

"Sedangkan untuk saksi saya belum tahu detilnya. Ini masih sidang pertama," terangnya.

Diketahui, dalam kasus prostitusi online yang melibatkan puluhan artis dan ratusan model majalah dewasa, Subdit V Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Jatim telah menetapkan empat mucikari sebagai tersangka. Hasil rekam jejak digital dari para mucikari, polisi menemukan bukti-bukti yang menguatkan penetapan tersangka terhadap Vanessa Angel.

Setelah ditetapkan tersangka dengan sangkaan pasal 27 ayat 1 UU ITE, Polda Jatim akhirnya mengeluarkan Surat Perintah Penahanan (SPP) terhadap Vanessa Angel.

Kontributor : Achmad Ali

Komentar

loading...
Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS