Pemilu 24 TPS di Kota Jambi Dipastikan Ditunda Usai Kebanjiran

Bangun Santoso
Pemilu 24 TPS di Kota Jambi Dipastikan Ditunda Usai Kebanjiran
Ilustrasi Pemiliu 2019. [Antara]

Hujan lebat mengguyur Kota Jambi sejak Selasa (16/4) malam hingga merusak sejumlah kotak suara di TPS

Suara.com - Pemilu di 3 TPS di kawasan Kembar Lestari, Kecamatan Alam Brajo, Kota Jambi, terpaksa ditunda hingga Kamis (18/4/2019) besok. Hal ini karena 3 TPS tersebut terkena banjir akibat hujan lebat yang mengguyur sejak Selasa (16/4/2019) malam.

Komisioner Bawaslu Kota Jambi, Johan Wahyudi membenarkan proses pemilu di 3 TPS itu ditunda karena banjir.

"Jadi pencoblosannya ditunda besok, dan sudah diajukan ke KPU Kota Jambi untuk ditunda," katanya seperti dikutip dari Metrojambi.com (jaringan Suara.com), Rabu (17/4/2019).

Johan menjelaskan, tiga TPS di Kembar Lestari itu adalah TPS 111, 112, 113. Sedangkan 21 TPS di Payo Selincah dan Alam Brajo juga ditunda dengan alasan karena kondisi alam. Selain kotak suara yang jebol.

"Total ada 24 TPS di Kota Jambi pemilihannya ditunda besok, dan ini sudah diplenokan oleh KPU Kota," ucap Wahyudi.

Menurut dia, hal sesuai dengan UU No 7 Tahun 2017 Pasal 372, pemilihan dapat ditunda apabila terjadi bencana alam.

Sebelumnya, warga yang akan mencoblos di sejumlah TPS di kawasan Payo Selincah, Kecamatan Paal Merah, Kota Jambi, Rabu (17/4/2019), terancam gagal mencoblos karena kotak suara basah akibat banjir.

Sejumlah anggota KPPS juga telah mendatangi kantor Kelurahan Payo Selincah untuk berkoordinasi. Sedangkan puluhan kotak suara tersebut saat ini sudah di bawa ke Gedung Astaka, Paal Merah.

Ketua Panwascam Paal Merah, Rano mengatakan, sejumlah warga dan KPPS menanyakan penundaan pemungutan suara tersebut. Sebab puluhan warga telah mendatangi TPS lebih kurang 30 TPS.

“Mereka minta kepastian agar bisa menyampaikan ke masyarakat. Kami dari panwascam hanya bisa mengawal dan merekomendasikan," katanya seperti dilansir dari Metrojambi.com (jaringan Suara.com), Rabu (17/4/2019).

Rano menegaskan, saat ini pihaknya tengah menuju ke Gedung Astaka untuk melihat kondisi langsung kotak suara.

“Dari instruksi Bawaslu Kota Jambi meminta agar penundaan tidak terlalu lama. Kami sedang menuju Gedung Astaka," ujar dia.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kota Jambi Ari Juniarman saat dikonfirmasi wartawan mengatakan, dirinya berharap tidak ada penundaan pemungutan suara.

"Kami berharap tidak ada penundaan," kata Ari.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS