Diplomasi Kucing dan Wajah Sandiaga Uno Lempeng

Reza Gunadha
Diplomasi Kucing dan Wajah Sandiaga Uno Lempeng
Postingan Instagram Sandiaga Uno saat dijenguk Prabowo Subianto.

"Ketika kita lihat foto dari samping, Sandiaga mukanya lempeng."

Suara.com - Pakar bahasa tubuh dan mikroekspresi Monica Kumalasari, menilai terdapat sejumlah kejanggalan pada Cawapres nomor urut 2 Sandiaga Uno, ketika muncul ke hadapan publik untuk kali pertama setelah sempat mendem sejak Rabu (17/4) sore.

Sandiaga sempat tak muncul ke hadapan publik sejak Rabu sore, setelah mayoritas lembaga survei yang menggelar hitung cepat perolehan suara Pilpres 2019 menunjukkan persentase pemilih Capres dan Cawapres nomor urut 1 Jokowi – Maruf Amin berada di atas angin.

Bahkan, Sandiaga tak mendampingi Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto saat mendeklarasikan klaim kemenangan mereka, Rabu malam.

Alhasil, sempat beredar rumor mengenai ketegangan antara Prabowo – Sandiaga yang sudah dibantah oleh kubunya.

Belakangan, Sandiaga Uno mengakui sakit serta cegukan tanpa henti sejak Rabu sore sehingga tak bisa muncul ke publik. Ia juga mengunggah foto Prabowo yang memegang Bobby the Cat saat menjenguk dirinya, Kamis (18/4/2019).

Terkait foto Prabowo yang menggendong kucing kesayangannya saat menjenguk Sandiaga itu, Monica merasakan ada yang janggal.

Monica menyebut kunjungan Prabowo tersebut sebagai "diplomasi kucing."

"Ketika kita lihat foto dari samping, Sandiaga mukanya lempeng, sementara istrinya mencoba lebih hangat kepada kucing Pak Prabowo," kata Monica.

Hal yang sama didapati Monica saat melihat gerak-gerik Sandiaga kala mendampingi Prabowo Subianto melakukan konferensi pers terkait deklarasi klaim kemenangan mereka dalam Pilpres 2019, Kamis sore.

"Sandiaga keluar dari base line atau kebiasaan dia. Pertama, dia selalu smile dalam berkomunikasi. Dia sangat santai, gesture sangat natural. Biasanya beliau juga sangat spontan," ujar Monica, Kamis malam.

Namun, kebiasaan tersebut menurut Monica tidak ditemukan saat dekralasi kemenangan, di mana Prabowo kembali mendeklarasikan kemenangannya versi real count internal BPN dengan perolehan 62 persen.

Monica justru melihat ekspresi, "Sedih, marah, takut." Tak hanya itu, "Terus, ini bukan gayanya, tangannya ikut ke belakang seperti anak buah. Tangan ke belakang artinya nurut," ujar Monica.

Dalam konferensi pers, Sandiaga juga terlihat cukup lama menatap skrip pidato Prabowo. Saat Prabowo menyebut UUD 1945, Sandiaga mulai batuk dengan menutup mulut atau buang muka ke samping kiri.

Adegan tersebut diikuti dengan Sandiaga mulai menatap ke audience dan meyapu audience saat Prabowo berbicara tentang partai-partai.

"Ada dua hipotesis, memang karena dalam kondisi sakit, bisa juga karena kaget," kata Monica.

Sementara itu, Monica tidak melihat adanya perubahan bahasa tubuh dan ekspresi pada Prabowo.

"Sama seperti biasanya, seperti saat konferensi Ratna Sarumpaet, dan lain-lain. Tidak terlihat ada perubahan base line," ujar Monica.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS