alexametrics
Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Sekjen PBB Ucapkan Selamat ke Prabowo Subianto, Benarkah?

Reza Gunadha
CEK FAKTA: Sekjen PBB Ucapkan Selamat ke Prabowo Subianto, Benarkah?
Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto berpidato di depan massa pendukung yang hadir dalam acara pesta klaim kemenangannya di Jalan Kertanegara Nomor 4, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (19/4/2019). [Suara.com/Fakhri Fuadi Muflih]

Dalam laman daring itu, kabar tersebut termuat dalam artikel berjudul: Sekjen PBB Ucapkan Selamat Kepada Prabowo Sebagai Pemenang Pilpers 2019.

Suara.com - Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa diklaim mengucapkan selamat kepada Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto yang disebut memenangkan pertarungan dalam Pilpres 2019.

Artikel tersebut ramai-ramai diviralkan oleh sejumlah warganet di media-media sosial.

Klaim yang diperiksa:

Kabar tersebut kali pertama disebarkan oleh laman daring bernama www.kabartoday.co.id pada tanggal 26 April 2019.

Baca Juga: CEK FAKTA: Prabowo - Titiek Sudah Ijab Qabul, Kembali Jadi Suami Istri?

Dalam laman daring itu, kabar tersebut termuat dalam artikel berjudul: Sekjen PBB Ucapkan Selamat Kepada Prabowo Sebagai Pemenang Pilpers [sic!] 2019.

Pada paragraf pertama, laman tersebut mengklaim kabar itu didapat dari kantor berita Antara Kalbar, kantor berita China Xinhua, dan OANA.

Berikut artikel tersebut:

Dilansir dari New York (Antara Kalbar/Xinhua-OANA) – Sekretaris Jenderal PBB Pedro Coelho, Minggu (21/42019), telah mengagetkan semua publik bahkan di dunia Internasional.

Caelho menyampaikan “ucapan selamatnya yang hangat” kepada Prabowo Subianto, yang terpilih sebagai pemenang dalam pemilihan presiden Indonesia.

Baca Juga: CEK FAKTA: Warga Madura Potong Tangan Orang yang Curangi Pilpres 2019?

Ucapan itu disampaikan Coelho melalui pesan di dalam pernyataannya yang dikeluarkan oleh juru bicaranya di New York pekan lalu.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar