Tak Punya Ongkos Mudik, TKI Ditangkap Sembunyi di Ruang Roda Pesawat

Reza Gunadha
Tak Punya Ongkos Mudik, TKI Ditangkap Sembunyi di Ruang Roda Pesawat
Ilustrasi pesawat mendarat (Pixabay/dirkvermeylen)

Kalaupun selamat dari insiden itu, lelaki tersebut diprediksi meninggal dunia karena terkena hipotermia karena pesawat terbang tinggi.

Suara.com - Seorang lelaki misterius asal Indonesia ditangkap aparat keamanan karena menjadi penumpang gelap pesawat di Bandara Internasional Penang, Malaysia.

Ia ditangkap ketika bersembunyi di ruang roda pesawat. Kepada polisi setempat, ia mengatakan hendak pulang ke Indonesia.

Pria tak dikenal itu hanya diidentifikasi berusia 39 tahun. Ia ditemukan oleh seorang teknisi pesawat setelah tak sengaja tergelincir keluar pada hari Senin (13/5) awal pekan ini sekitar pukul 10.00 waktu setempat.

Seperti diberitakan Straits Times, Selasa (14/5/2019), kalau lelaki itu tak ditemukan, bisa jadi bakal tewas terimpit ketika roda pesawat ditarik ke dalam setelah lepas landas.

Kalaupun selamat dari insiden itu, lelaki tersebut diprediksi meninggal dunia karena terkena hipotermia karena pesawat terbang tinggi.

Tapi setelah diamankan, lelaki tersebut hanya dihadapkan pada satu pasal pelanggaran, yakni memasuki bandara tanpa izin.

Lelaki tersebut merupakan TKI yang bekerja di pabrik pengolahan unggas. Kepada polisi, ia mengakui terpaksa bersembunyi di bilik roda pesawat, karena tak mampu membeli tiket untuk pulang ke Medan, Sumatera Utara.

Lelaki itu terbilang beruntung, karena urung melakukan perjalanan yang mempertaruhkan nyawanya sendiri untuk pulang ke rumah.

Pada bulan Februari 2016, terdapat peristiwa seorang penumpang gelap di bandara Zimbabwe hancur lebur karena bersembunyi di ruang roda pesawat kargo milik Amerika Serikat.

Peristiwa itu sendiri baru diketahui oleh tim mekanik ketika menemukan banyak noda darah di badan pesawat, saat hendak mengisi bahan bakar.

Lelaki tersebut diyakini menyelinap masuk ke ruang roda pesawat di bandara sebelumnya, dan dihancurkan hingga tewas ketika roda ditarik kembali setelah lepas landas.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS