Lewat Medsos, 2 Terduga Teroris Kartasura Telah Membaiat kepada ISIS

Agung Sandy Lesmana
Lewat Medsos, 2 Terduga Teroris Kartasura Telah Membaiat kepada ISIS
Penggeledahan rumah pelaku peledakan Pospam Kartasura di dusun Kranggan, Wirogunan, Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah, Selasa (4/6) dini hari. [ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha]

Dia berbaiat ini tidak secara langsung, melalui media sosial jadi dengan metode atau dengan sarana itu mereka menganggap itu sudah bagian daripada mereka berbaiat, katanya.

Suara.com - Polisi telah meringkus dua orang yang diduga terlibat dalam aksi bom bunuh diri yang dilakukan terduga teroris, Rofik Asharudin (22) di Kartasura, Jawa Tengah. Kedua pelaku yang ditangkap di tempat berbeda itu adalah AA dan S.

Kabag Penum Divisi Humas Polri Komisaris Besar Asep Adi Saputra mengatakan, keduanya telah membaiatkan diri pada pimpinan ISIS, Abu Bakar Al Baghdadi.

“Kemudian kaitan dengan jaringan berdasarkan pengembangan dari pemeriksaan yang ada mereka ini sama-sama simpatisan dari ISIS dan berbaiat langsung kepada Abu Bakar Al-Baghdadi,” ungkap Asep di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (10/6/2019).

Asep menerangkan, AA dan S membaiatkan diri melalui media sosial. Dengan cara tersebut, secara tidak langsung keduanya telah membaiatkan menjadi pengikut ISIS.

“Dia berbaiat ini tidak secara langsung, melalui media sosial jadi dengan metode atau dengan sarana itu mereka menganggap itu sudah bagian daripada mereka berbaiat,” sambungnya.

Sejauh ini, pihak kepolisian telah memeriksa AA dan S secara intensif. Keduanya diperiksa langsung oleh pihak Detasemen Khusus 88 Antiteror.

“Jadi saat ini seluruh tersangka masih dalam pemeriksaan yang intensif oleh rekan-rekan Densus,” papar Asep.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS